Kamis, Desember 2, 2021

5 Hal Penting yang Perlu Dipelajari dari Polis Asuransi Mobil agar Lebih Mudah Memilihnya

Populer

LINISIAR.ID – Setiap pemilik kendaraan, khususnya mobil, sudah seharusnya memiliki perlindungan berupa asuransi. Bahkan, tak jarang pihak penjual mobil atau dealer yang menawarkan rekomendasi asuransi mobil kepada pelanggannya agar mendapatkan proteksi yang dibutuhkan. Akan tetapi, memilih asuransi mobil tidak boleh dilakukan sembarangan tanpa meneliti hak serta kewajiban dari masing-masing pihak yang bersangkutan sesuai kesepakatan.

Karena berisi sederet ketentuan dan aturan terkait pemberian perlindungan pada asuransi, polis asuransi mobil biasanya dicetak dalam bentuk buku tebal yang sama sekali tak menggugah minat untuk membacanya. Namun, karena amat penting dan menentukan kesesuaian manfaat asuransi dengan perlindungan yang dibutuhkan, Anda perlu memahami isi polisnya. Agar tak membuang banyak waktu dan tenaga, artikel ini telah merangkum 5 highlight dari polis asuransi mobil yang wajib untuk dipelajari.

  1. Cek Hal Mendasar Terkait Polis Asuransi Mobil

Ketika mempelajari polis pada asuransi mobil, pastikan untuk mengecek sejumlah hal mendasar di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah pemegang polis, jenis perlindungan asuransi, informasi mobil, kesepakatan harga serta pembayaran premi, jaminan atau pertanggungan yang diberikan nominal ganti rugi, perluasan perlindungan, cara klaim perlindungan, penghentian pertanggungan, serta penanganan perselisihan.

2. Jenis Perlindungan Asuransi Mobil

Umumnya, terdapat 2 jenis produk asuransi mobil yang bisa dipilih, yaitu asuransi mobil comprehensive atau all risk, dan Total Loss Only atau TLO. Keduanya memiliki jenis perlindungan yang berbeda dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan pemilik kendaraan.

Sebagai contoh, asuransi mobil jenis comprehensive mampu memberikan perlindungan menyeluruh terhadap kendaraan, mulai dari risiko kerusakan kecil, kerusakan besar, hingga kehilangan. Namun, biaya preminya cenderung lebih mahal walaupun lebih efektif melindungi.

Sementara asuransi mobil TLO hanya memberikan perlindungan atau ganti rugi saat pemilik polis mengalami kehilangan atau kerusakan pada mobil dengan biaya perbaikan setara atau di atas 75 persen harga jualnya. Karena cakupan perlindungannya lebih sempit, premi asuransi mobil TLO relatif lebih aman bagi keuangan. Kedua jenis asuransi ini juga cukup umum ditawarkan ketika Anda melakukan kredit mobil baru.

3. Usia Kendaraan yang Diasuransikan

Selanjutnya, mengecek usia mobil yang akan diasuransikan juga penting untuk dilakukan sebab hal ini termasuk sebagai faktor yang mempengaruhi nominal premi. Selain itu, jika mobil memiliki umur yang terlampau tua, tak jarang perusahaan asuransi akan menolak pengajuan asuransi mobil yang dilakukan oleh calon nasabahnya.

Biasanya, pada mobil dengan usia 5 tahun atau lebih, terdapat tambahan biaya pada premi yaitu loading fee yang besarannya sekitar 5 persen per tahun. Dalam kata lain, saat Anda mengasuransikan mobil yang berusia 8 tahun, terdapat penambahan biaya premi sebesar 15 persen dari loading fee ini. Perhatikan pula syarat usia maksimal mobil agar pengajuan asuransi tak berakhir dengan penolakan, misalnya 10 tahun pada asuransi comprehensive, atau 15 tahun pada asuransi TLO.

4. Perlindungan, Proteksi, serta Keuntungan yang Didapatkan

Setiap perusahaan asuransi mobil menawarkan perlindungan serta keuntungan yang berbeda kepada para nasabahnya. Ada yang memberikan keuntungan ekstra tanpa tambahan biaya, tapi ada juga yang memberikan premi mahal untuk produk asuransi mobil dengan perlindungan terbatas.

Nah, tugas Anda adalah mencari asuransi mobil yang mampu memberikan perlindungan optimal dengan nominal premi terjangkau. Ingat, Anda berhak melakukan negosiasi dengan pihak penyedia asuransi agar mampu mendapatkan manfaat dan premi asuransi yang paling menguntungkan.

Selain itu, cek pula apakah perusahaan asuransi mampu menerbitkan SPK atau surat perintah kerja 24 jam pasca syarat terpenuhi. Hal ini penting untuk dicermati agar beberapa proteksi asuransi mobil lebih mudah untuk didapatkan, seperti fasilitas mobil derek gratis, ambulans, penggantian mobil, serta layanan darurat. Jangan sampai terlewat, cari tahu pula kredibilitas dan reputasi perusahaan asuransi dalam memberikan perlindungan terhadap nasabahnya agar tak kerepotan saat mengajukan klaim.

5. Tawaran Tambahan Perlindungan

Pada asuransi mobil terdapat istilah perluasan yang dapat diajukan untuk memaksimalkan perlindungannya. Walaupun biaya premi semakin mahal, perluasan manfaat asuransi ini bisa jadi amat penting untuk didapatkan karena memang dibutuhkan. Beberapa contoh perluasan perlindungan adalah risiko banjir, gempa bumi, kerusuhan dan huru-hara, tanggung jawab hukum pada pihak ketiga, proteksi pada penumpang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jangan Malas Pelajari Polis pada Asuransi Mobil agar Mampu Maksimalkan Perlindungan dan Manfaatnya

Sebagai bukti tertulis dan pedoman pada hak serta kewajiban kedua pihak yang bersangkutan, setiap nasabah asuransi, termasuk asuransi mobil, wajib memahami isi polisnya secara mendetail.

Namun, karena biasanya dicetak dalam bentuk buku tebal dan penuh tulisan yang memusingkan, tak sedikit orang yang enggan untuk membaca serta memahami isi polis asuransi yang dibelinya. Nah, agar tak muncul penyesalan di kemudian hari karena tak memahami isi polis, pastikan untuk setidaknya membaca beberapa poin penting pada polis asuransi mobil yang telah dijelaskan di atas, ya!

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru