Sekretariat DPRD Makassar Bahas Penyelenggaraan Pendidikan

MAKASSAR, Linisiar.ID – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar adakan Diskusi Publik dengan tema ‘Penyelenggaraan Pendidikan Yang Berkualitas’ di Masjid Sultan Alauddin, Jalan Dr Basalamah, Selasa (13/11).

Dalam diskusi tersebut diungkapkan bahwa kurang optimalnya kualitas pendidikan di Kota Makassar dikarenakan sarana dan pra sarana yang kurang memadai.

Anggota Komisi D DPRD Kota Makassar, Amar Bustanul mengatakan bahwa saran dan prasarana sangat mempengaruhi kualitas pendidikan. Namun, sejauh ini masih banyak sekolah yang kurang memadai di kota Makassar. Padahal, setiap tahun anggaran untuk rehabilitasi sarana dan prasarana sudah dianggarkan, bahkan mendapat porsi terbesar dalam postur anggaran APBD.

“Masih banyak sekolah di kota Makassar yang tidak memadai, banyak yang masih kekurangan ruangan, sarana pendukung juga masih kurang, seperti perpustakaan,” katanya.

Bahkan, dipembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Makassar, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar kembali mendapat alokasi anggaran paling besar. Hal tersebut diharapkan agar, Dinas terkait dapat memperhatikan sarana dan prasarana sekolah.

“Anggaran untuk tahun depan ini masih dibahas oleh Banggar (Badan Anggaran), mudah-mudahan kita bisa perjuangkan dan bisa direalisasikan untuk perbaikan kualitas pendidikan kita,” ujarnya.

Bahkan, kata dia pihaknya sedang menyusun Perda tentang Penyelenggaraan Pendidikan. Perda ini bakal mengatur tentang perlindungan guru, syarat dan ketentuan menjadi kepala dinas pendidikan, dan perlindungan tehadap siswa.