Minggu, Mei 16, 2021

Usung Tema “Peran Pemuda Dalam Mencegah Paham Radikalisme” PMKRI Palopo Gelar Dialog dan Bazar

Populer

Palopo, Linisiar.id – Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunaan Mahasiswa Kotolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Palopo-Sancta Katarina gelar dialog dan bazar bertempat di warkop kampoeng pisang, Minggu (11/4/2021) malam.

Kegiatan ini bertujuan mengawal isu-isu Nasional, seperti radikalisme dengan mengusung tema” Peran Pemuda Dalam Mencegah Paham Radikalisme”.

Olgivianus Emanuel, bertindak selaku moderator untuk memandu diskusi, sementara 8 narusumber diantaranya Hari Irawan Ketua I Pc PMII Kota Palopo, Hilarius Hambur mewakili Germas PMKRI Palopo, Suprianti Baen Ketua Pc HMI Palopo, Stella E. Putri M Ketua Pc GMKI Palopo, Nilwan Ketua Dpk Andijemma Palopo, Muh. S. Sakkar Ketua Kammi Palopo, Risaldi Ketua Bidang Pc IMM Palopo.

Ketua 1 Pc PMII Cabang Kota Palopo, Hari Irawan dalam paparanya mengutarakan, dalam upaya mencegah dan memanimalisir perkembangan paham radikalisme-ekstrimis bisa memalui beberapa instrumen penting. Pertama adalah mengkampanyekan moderasi beragama baik melalui personal persuasif maupun lewat media sosial. kedua, menjaga dan melestatikan budaya/kearifan lokal yang baik dan tidak menyimpang dalam ajaran syariat, dan mempererat kembali tali silaturrahim.

Dalam kesempatanya yang sama Hilarius Hambur dalam paparanya menjelaskan radikalisme sebagai paham atau aliran yang radikal dalam politik; paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis; sikap ekstrim dalam suatu aliran politik.Radikalisme dapat tumbuh dan berkembang karena berbagai factor seperti faktor pemikiran, ekonomi, politik, social, psikologis dan pendidikan.

Selanjutnya kata dia, untuk menangkal radikalisme disodorkan 9 langkah yang dapat ditempuh yaitu memperkenalkan ilmu pengetahuan dengan baik dan benar, memahamkan Ilmu pengetahuan dengan baik dan benar,  meminimalisir kesenjangan sosial, menjaga persatuan dan kesatuan,  mendukung aksi perdamaian,  berperan aktif dalam melaporkan radikalisme , meningkatkan pemahaman akan hidup kebersamaan, menjaring informasi yang didapatkan dan ikut aktif mensosialisasikan radikalisme. (Ayub)

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru