Target PBB Belum Tercapai, Bapenda Makassar Genjot Sosialisasi

MAKASSAR, Linisiar.id – Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar terus menggenjot sosialisasi, untuk meningkatkan pendapatan sektor Pajak Bumi dan Bangunan dari masyarakat.

Kabid Pajak I & Retribusi Daerah, Ibrahim Akas menjelaskan, jumlah wajib pajak PBB di Makassar sekitar 350 ribu orang. Namun belum 100 persen wajib pajak memenuhi kewajibannya, padahal jadwal jatuh tempo pembayaran jatuh pada akhir bulan September ini.

“Karena sudah masuk bulan jatuh tempo, unit kami intensif melakukan sosialisasi untuk mengingatkan masyarakat,” katanya di Makassar, Selasa (11/9/2018).

Upaya yang dilakukan, ujar Ibrahim, antara lain menyebarkan informasi, baik melalui media massa maupun pemberitahuan keliling menggunakan mobil berpengeras suara.

Selain itu pihaknya juga menggunakan reklame videotron di sejumlah titik ruas jalan kota Makassar. Terdapat lima reklame videotron terkait ajakan membayar PBB yang dipasang pihak Bapenda makassar.

Menurutnya, sistem bayar pajak saat ini semakin mudah. Sehingga meski wajib pajak berada di luar lokasi pajak, mereka dapat memenuhi kewajibannya dengan memanfaatkan layanan pembayaran PBB melalui ATM di Bank Sulselbar ataupun kantor-kantor pos.

“Kami berharap, sosialisasi yang intens dan kemudahan sistem bayar ini bisa meningkatkan pendapatan pajak kita di Kota Makassar,” pungkasnya.