Satgas: Tak Ada Warga yang Kebal Covid-19

ilustrasi

JAKARTA, Linisiar.id – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menanggapi hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan, 17 persen masyarakat yakin tidak akan terpapar atau tertular virus corona.

Juru Bicara Satuan Tugas ( Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan, tidak ada yang kebal dari Covid-19.

“Kita menyayangkan adanya persepsi masyarakat yang menyatakan kebal terhadap Covid-19. Perlu kami tekankan sekali lagi, tidak ada orang yang kebal terhadap Covid-19,” kata Wiku melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (29/9/2020).

Wiku menambahkan, mereka yang rajin berolahraga dan kerap berdiam diri di rumah pun masih rawan tertular Covid-19, jika ada anggota keluarganya yang tidak taat protokol kesehatan saat keluar rumah untuk bekerja.  

“Jangan sekali-sekali kita berpikir bahwa karena rajin olahraga atau berdiam diri di rumah kita bisa kebal, karena tertular itu bisa mudah terjadi dari siapa pun yang kita temui,” tambahnya. 

Karena itu, Wiku mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan, terutama bagi yang harus bekerja di luar rumah.  

Mereka diwajibkan membersihkan diri dahulu, sebelum berinteraksi dengan keluarga di rumah.

“Kita tidak bisa bekerja sendiri, begitu juga antar-negara melakukan hal yang sama. Kita semua harus betul-betul melindungi secara lokal nasional dan global dan itu adalah tanggung jawab kita semua,” katanya. 

Sebelumnya, Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, sebanyak 17 persen responden yakin bahwa mereka tidak mungkin dan sangat tidak mungkin tertular Covid-19.

Suhariyanto menyampaikan hasil survei itu dalam konferensi pers daring yang ditayangkan kanal YouTube resmi BNPB, Senin (28/9/2020). (*)