Peserta Diklat PIM Gowa Pamerkan Proyek Inovasi

Bagikan

GOWA, Linisiar.id – Sebanyak 30 orang peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV (Diklat PIM IV) ke-18 di Kabupaten Gowa, memamerkan sejumlah proyek rancangan inovasi dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing.

Pameran sekaligus seminar ini ditinjau langsung Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, didampingi Wakil Bupati Abd Rauf Malaganni, Sekretaris Daerah Muchlis serta sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin (17/9/2018).

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia, Muhammad Basir menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah salah satu penilaian pada peserta selama mengikuti Diklat PIM IV. Dalam kegiatan ini mereka memamerkan sejumlah proyek perubahan rancangan inovasi.

“Apa yang menjadi hal baru dan terbaik bagi SKPD-nya, itu dipamerkan. Mulai dari sistem kemudahan pelayanan kalau itu di bagian pelayanan, hingga sistem pemangkasan birokrasi dalam pengurusan pelayanan publik,” katanya.

Ia menjelaskan, proyek perubahan merupakan program yang sudah ada di SKPD masing-masing. Tetapi dalam Diklat PIM IV, sistemnya lebih diperbaiki atau bahkan dibuatkan inovasi baru.

“Proyek perubahan ini dapat membuat pelayanan jadi mudah dan cepat. Malah ada yang lebih menarik lagi dalam seminar ini, semua peserta dalam proyek perubahannya sudah menggunakan tekhnologi atau dikenal dengan istilah ‘sistem online. Jika dalam evaluasi ini dianggap baik dan memudahkan pelaksanaan kerja di SKPD-nya, maka akan diterapkan,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu peserta Diklat PIM IV, Kasubag Rumah Tangga Bagian Umum pemkab Gowa Muhammad Agus Harahap, membuat proyek perubahan yang diberi nama ‘Gammara-ta’, singkatan dari Gerakan Mengawasi dan Menghijaukan Area Taman.

“Saya memilih proyek tersebut karena ini sesuai dengan lokus area pekerjaan saya, khusus dalam kantor. Inovasinya, area taman diawasi dengan CCTV sehingga mempercepat proses penanganan ketika ada kerusakan yang terjadi pada taman Pemkab,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *