Pengusaha Desak Penerapan OSS Dipercepat

MAKASSAR, Linisiar.ID – Kelompok pengusaha meminta pemerintah mempercepat pelaksanaan “Online Single Submission” (OSS) atau sistem perizinan badan usaha terintegrasi secara elektronik di Sulawesi Selatan.

Sebab, sistem ini dinilai memberi banyak manfaat bagi pelaku usaha, terutama dari aspek waktu dan biaya.

Ketua Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPD Apindo) Sulawesi Selatan, Latunreng, mengatakan, lebih baik lagi jika percepatan program perizinan usaha itu dilakukan merata hingga ke kabupaten dan kota.

“Kami minta agar seluruh perizinan segera dapat dilakukan secara online, yang namanya OSS itu,” katanya usai menemui Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di Makassar, Selasa (10/9/2018).

Latunreng mengatakan sejauh ini, meski sudah terdapat banyak perbaikan dalam pelayanan perizinan, namun dengan hadirnya OSS ini waktu yang digunakan dapat jauh lebih singkat.

Ia menyebutkan, tak jarang pengurusan perizinan memakan waktu satu hingga tiga bulan, sedangkan bunga kredit yang diambil sebagai modal sudah berjalan sejak hari pertama sehingga merugikan pengusaha.

“Dengan OSS ini perizinan bisa selesai dalam hitungan menit, dan ini sangat menguntungkan bagi kami,” ujarnya.

Penerapan OSS, lanjutnya, juga bisa memangkas biaya yang dikeluarkan dalam pengurusan perizinan karena mengurangi kemungkinan interaksi langsung antara pemohon izin dan pemberi layanan perizinan.

Latunreng juga menegaskan, pihaknya siap bersinergi dengan Pemprov Sulsel untuk mewujudkan visi pemerintahan dalam lima tahun ke depan.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah sendiri dalam berbagai kesempatan menegaskan, pihaknya akan mempermudah perizinan bagi pengusaha.

Kemudahan dalam perizinan diyakini Nurdin merupakan salah satu kunci untuk menarik investasi, sehingga pengentasan kemiskinan dan pengangguran dapat terwujud.