Pemkot Palopo Siapkan BTT Rp 2 Miliar, Sekda: Misalnya Biaya Operasional Petugas Vaksin

214

PALOPO, Linisiar.id – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) sudah menerima 30 ribu dosis vaksin Covid-19 untuk tahap awal.

Vaksin covid-19 tersebut sudah didistribusikan ke 24 kabupaten/kota di Sulsel untuk program vaksinasi pada pertengahan Januari 2021.

Pemerintah daerah pun telah melaksanakan berbagai persiapan dan menyiapkan anggaran untuk mengoptimalkan vaksinasi tahap awal tersebut

Menyikapi rencana pemerintah pusat, Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Firmanza DP, SH., M.Si mengatakan menyiapkan anggaran sebesar Rp 2 miliar.

“Vaksin Covid-19 ini memang gratis buat masyarakat. Namun, tidak ada secara spesifik anggaran untuk vaksinasi,” ujarnya kepada Linisiar.id Via WhatsApp (WA), Senin (11/1/2021).

“Anggaran kita siapkan dari Belanja Tidak Terduga (BTT) sebesar Rp 2 miliar pada APBD Tahun 2021,” tambah sekda.

Berkaitan dengan anggaran tersebut, mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapenda) Palopo ini menambahkan bahwa BTT sebesar Rp 2 miliar tergantung berapa kebutuhan, nanti akan disesuaikan.

“Kebutuhan yang akan disesuaikan, misalnya biaya operasional petugas vaksin,” jelas Firmanza

Sekadar informasi, pengalokasian dana tersebut sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang pengadaan dan pelaksanaan vaksin Covid-19 dalam rangka percepatan penanggulangan pandemi Covid-19.

Rencananya, tanggal 13 Januari mendatang pencanangan vaksin pertama akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo

Khusus di Kota Palopo, pada tahap pertama akan mendapatkan jatah 2.188 dosis vaksin. (*)