Peduli, Alasan Tokoh Kristen Pangkep Ingin Dipimpin Anir-Lutfi

PANGKEP, Linisiar.id – Tokoh Kristen Pangkep Adriana Lince B, menyatakan dukungannya ke pasangan nomor urut 4, Andi Nirawati-Lutfi Hanafi (Anir-Lutfi).

Adriana yang tinggal di Desa Barabatu, Kecamatan Labakkang ini mengaku, mendukung Anir-Lutfi sebab menginginkan Pangkep dipimpin seorang perempuan. Dia berharap, Anir jika terpilih nanti, untuk lebih peduli kepada wanita, apalagi perempuan yang telah memasuki usia senja.

“Besar hatiku pilih dia karena dia wanita. Siapa tau dia lebih peduli terhadap ibu-ibu janda seperti saya. Saya juga tertarik dengan kepeduliannya, karena masa bupati ini tidak ada kepedulian terhadap saya. Orang lain sering terima ini itu, tapi saya tidak. Alasannya karena rumahku, na itu anakku yang bangun itu rumah,” kata Adriana, Rabu (4/11/2020).

Adriana yang dianggap tokoh Kristen di Bontoa Tonasa itu mengatakan, sebagai orang yang dikenal, dirinya kadang dimintai pendapat oleh masyarakat, terkait kandidat yang ideal untuk dipilih pada Pilkada Pangkep.

“Karena saya dianggap tetua Kekristenan di sana mereka biasa bertanya nomor berapa yang kita tusuk ini tante? Kemudian saya perkenalkan nomor 4. Saya bilang, kita coba pemimpin perempuan siapa tahu besar kepeduliannya terhadap perempuan, nantinya kita bisa menghadap sama beliau. Bertemu langsung dan bekerjasama dalam hal pemberdayaan perempuan misalnya,” ungkapnya.

Meski usia tidak muda lagi, perempuan keturunan Tana Toraja ini sangat berharap Anir-Lutfi dapat memimpin Pangkep dan merealisasikan program prioritasnya.

“Kalau saya sudah janda, gajinya bapak sedikit. Pensiunan bapak Rp800 saja. Saya harap Ibu Anir bisa bantu modal usaha. Baru saat pandemi Covid-19 ini anak saya dapat insentif. Program bantuan modal usahanya bagus sekali Rp5-10 Juta. Itu saya berikan pemahaman terus kepada teman-teman,” jelas dia.

Dia bertekad akan terus memberikan pandangan terhadap tetangga di tempatnya tinggal, dan kelompok umat Kristiani yang dikenal bahwa cabup asli Labakkang itu merupakan sosok yang peduli terhadap wanita.

“Saat ini sudah sebagian kecil yang siap jadi relawan dan ikut sama saya. Sudah ada enam rumah tangga, di Bontoa saya beri arahan untuk memilih Anir-Lutfi. Sebenarnya saya kemarin ke rumah ibu pendeta karena dia seorang penjahit, jadi saya mau sama-sama dukung Anir-Lutfi untuk mendapatkan modal usaha Rp10 juta,” ujar Adriana bersemangat.

Dia berharap, ketika kelak Anir-Lutfi terpilih maka harus lebih memperhatikan kaum perempuan, seperti dirinya yang lanjut usia serta berharap diberdayakan dengan modal usaha untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga.

Sebelumnya, tokoh masyarakat Pulau Sanane, Muhammad Ilyas (39) juga telah menyatakan dukungan terhadap Anir-Lutfi. Dirinya juga berjanji bakal memenangkan paslon bupati dan wakil bupati Pangkep nomor urut 4 ini.

“Kalau di sini sudah ratusan relawan Anir-Lutfi. Tidak bisa dihitung, banyak. Dengan jumlah KK sekitar 350 orang. Makanya kami tim di sini optimis, Insyaallah Ibu Andi Nirawati dan Pak Lutfi Hanafi memenangkan suara,” kata Ilyas, beberapa waktu lalu.

Dia menuturkan, salah satu faktor penting baginya untuk mendukung paslon yang memiliki program bantuan modal usaha Rp 10 Juta per KK ini ketika mengetahui Andi Nirawati rela melepas jabatan DPRD Sulsel untuk maju di Pangkep.

“Saya langsung simpatik ketika tahu ternyata Anir mundur dari DPRD untuk melaju ke Pilkada Pangkep. Itu menurut saya merupakan bentuk perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa. Bukan hal mudah melepas jabatan yang baru setahun digelutinya,” kata Ilyas.

Anir-Lutfi juga dinilainya, sebagai pasangan cabup-cawabup yang peduli rakyat kecil dan warga pulau. Bahka sebelum masa kampanye, Andi Nirawati maupun Lutfi Hanafi telah berkunjung ke kepulauan Pangkep. (*)