Modus Jadi Relawan, Maman Gasak Logistik Korban Gempa Palu

Barang bukti pencurian pakaian untuk korban bencana alam Sulteng

MAKASSAR, Linisiar.ID – Polsek Tamalanrea berhasil menangkap basah Maman Suriaman (30) saat hendak menggodol pakaian untuk korban gempa dan tsunami Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang di posko Rumah Sakit Wahidin Sudiro Husodo, Makassar, Sabtu (20/10/2018).

Kapolsek Tamalanrea, Kompol Syamsul Bakhtiar mengaku tidak habis pikir dengan tindakan pelaku yang merupakan warga Jalan Poros Aralle Mamasa, Desa Aralle Selatan, Kecamatan Aralle, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Selatan.

Penangkapan Maman setelah adanya laporan dari pihak rumah sakit bahwa ada pencurian barang sumbangan untuk korban gempa di Sulteng di posko penampungan logistik dan bahan pokok makanan.

Syamsul menceritakan saat Opsnal Polsek Tamalanrea sedang berpatroli pada Jumat (19/10/2018), masuk laporan bila sering terjadi pencurian logistik untuk korban bencana alam di Sulteng.

Maman mengaku sebagai relawan yang bertugas di posko di rumah sakit ternama itu. Saat itu dia sudah mengumpulkan pakaian sebanyak tiga karung dan sudah dibawa ke luar posko.

“Dia pura-pura jadi relawan, tapi saat itu kenapa bawa tiga karung. Akhirnya diikuti. Ternyata dia bawa pergi itu karung,” ujar Syamsul, Sabtu (20/10/2018).

“Saat ketahuan mencuri, dia bilang saya korban gempa, pengungsi, ” ujar Syamsul.

Syamsul mengatakan pelaku memanfaatkan situasi untuk mencuri logistik yang diperuntukan korban gempa. Kini telah diamankan di markas Polsek Tamalanrea guna diproses hukum lebih lanjut.