Kunjungi Posko Kerabat Buton For Appi-Rahman, Rocky Gerung Bahas Sejarah Buton dan Pilwali Makassar

MAKASSAR, Linisiar.id – Di tengah padatnya agenda di Kota Makassar, akademisi Rocky Gerung mengunjungi salah satu posko komunitas relawan Appi-Rahman, yakni Kerabat Buton For Appi Rahman.

Dalam kunjungan ke posko Kerabat Buton di Kompleks Perumahan Sudiang Permata, Sabtu (21/11/2020) sore, Rocky diterima langsung oleh Ketua Kerabat Buton For Appi-Rahman, La Ode Muhammad Syafal, bersama beberapa relawan.

Syafal merasa sangat bahagia  dikunjungi seorang tokoh nasional seperti Rocky. Menurutnya, pertemuan itu tidak direncanakan dan menjadi kejutan tersendiri.

Dalam kesempatan itu, Rocky berdiskusi tentang sejarah politik Kesultanan Buton. Dia memuji sistem politik Kesultanan Buton (Wolio) yang telah lebih dulu menerapkan model pemilihan demokratis.

Meskipun Sultan Buton tidak dipilih secara langsung oleh masyarakat, tetapi dipilih melalui lembaga perwakilan yang disebut Siolimbona.

Rocky juga memuji sejarah lahirnya Kerajaan Buton yang raja pertama dan keduanya adalah perempuan. Dia menilai, isu gender di Buton, pada masa itu, sudah maju. Seharusnya hal itu menjadi pelajaran di  masa kini.

“Sistem politik kerajaan Buton itu sudah lebih maju dari Eropa dan barat, khususnya dalam hal gender di arena politik,” kata Rocky yang ditirukan oleh La Ode Syafal, sesuai rilis yang diterima Linisiar.id

Ketua Kerabat Buton itu mengungkapkan, Rocky sangat mengetahui sejarah kerajaan dan kesultanan Buton. Selain membahas sejarah, menurut Syafal, mereka juga mendiskusikan tentang dinamika Pilwali Makassar.

Bagi Rocky, mengutip Syafal, calon pemimpin yang harus didukung adalah yang tidak sekadar mengumbar janji tanpa bukti.

Tetapi betul-betul membawa harapan baru dan membuktikan harapan tersebut saat terpilih.

“Diskusi kami dengan Pak Rocky sangat berisi. Kami mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan baru. Malah Pak Rocky membahas sejarah Buton dan pemilihan wali kota Makassar. Beliau berharap, calon wali kota yang terpilih adalah yang terbaik untuk warga Makassar,” ungkap Syafal.

Rocky Gerung memang sudah tidak asing dengan warga Buton. Dia pernah diundang untuk memberikan kuliah umum di Universitas Dayanu Ikhsanudin di Baubau, Buton, Oktober 2019 lalu. (*)