Selasa, Juli 27, 2021

IJTI Gelar Temu Pelajar di Kota Kabupaten Sulawesi Selatan

Populer

MAKASSAR, Linisiar.ID – Para jurnalis media elektronik yang tergabung dalam Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), bakal menggelar pelatihan pertelevisian bagi para pelajar tingkat SMU di sejumlah kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan.

Kegiatan bertajuk “Journalist Goes to School” ini mulai digelar pada 29-30 November mendatang. Seri pertama akan berlangsung di Balai latihan kerja (BLK) Kabupaten Gowa.

“Roadshow ini bertema “Work as News Programmer”. Setelah Gowa, bulan-bulan berikutnya menyusul di Bantaeng, Soppeng, Parepare, Toraja Utara, Maros lalu Makassar,” kata Ketua Pengurus Daerah IJTI Sulsel Hudzaifah Kadir di Makassar, Kamis (4/10/2018).

Dia menjelaskan, kegiatan ini akan memberikan wawasan ke pelajar mengenai sistem keredaksian di sebuah stasiun televisi. Mereka juga akan diberi pelatihan singkat teknik pertelevisian, seperti teknik pengambilan gambar, menyusun naskah berita dan bagaimana mengelola sebuah program acara berita.

Tidak hanya itu, setelah mendapat pembekalan keterampilan, pelajar secara berkelompok kemudian diminta membuat karya jurnalistik televisi. Seperti membuat berita feature, iklan layanan masyarakat atau profil usaha, lalu dilombakan.

“Beberapa pemateri berlatar jurnalis televisi berpengalaman akan menjadi pendamping dan melatih mereka. Kami berharap, kegiatan ini bisa melahirkan bibit-bibit jurnalis televisi profesional di masa akan datang,” ujar Hudzaifah.

Hudzaifah menambahkan, program ini merupakan program kerja IJTI Sulsel, sebagai bentuk edukasi dan gerakan pemahaman profesi kewartawanan ke masyarakat.

Pemberian wawasan sejak dini ditujukan agar lahir jurnalis-jurnalis yang terampil, profesional dan independen dari pelajar yang kelak berminat memasuki dunia kerja televisi.

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru