Selasa, Desember 7, 2021

Dua Kategori Baru Hadir pada Anugerah Lembaga Sensor Film 2021

Populer

JAKARTA, Linisiar.id – Setelah dua tahun vakum, pada tahun 2021, Lembaga Sensor Film (LSF) kembali menggelar Anugerah Sensor Film.

Berbeda dari pergelaran sebelumnya, tahun ini LSF mengetengahkan dua kategori baru, yakni Kategori Iklan Peduli Pandemi dan Lifetime Achievement.

Kategori pertama diangkat sebagai bentuk apresiasi LSF terhadap kiprah mitra perfilman yang peduli terhadap situasi pandemi dan tetap berkarya mengedukasi masyarakat dengan berbagai pesan positif.

Sedangkan kategori kedua diberikan untuk pelaku perfilman Indonesia yang dinilai berpengaruh terhadap pemajuan kualitas tontonan yang mengedepankan unsur pendidikan, kebudayaan, serta sejalan dengan fungsi, tujuan, dan azas film.

Melalui Anugerah LSF 2021, LSF mengapresiasi rekan rumah produksi atau production house (PH), TV, dan bioskop, yang meski di masa pandemi, sebagai bagian dari ekosistem perfilman, terus bekerja sama memajukan dunia perfilman.

Hal tersebut disampaikan Ketua LSF, Rommy Fibi Hardiyanto, dalam keterangan pers secara luring di Jakarta pada Kamis, (28/10).

“Oleh karena itu, kepada pekerja film, muatan edukasi itu penting. Film (sejatinya) tidak hanya menghibur namun ada nilai tambah (bagi penonton), maka kami patut memberi penghargaan kepada mereka yang menjunjung prinsip ini dalam berkarya,” Kata Rommy yang kembali menekankan pentingnya muatan positif pada setiap produk perfilman yang dihasilkan.

Terdapat 15 kategori penghargaan, yaitu (1) Kategori Film Bioskop Semua Umur (SU), (2) Kategori Film Bioskop 13+, (3) KategoriFilm Bioskop 17+, (4) Kategori Film Animasi, (5) Kategori Sinetron, (6) Kategori Iklan Peduli Pandemi, (7) Kategori TV Peduli Pendidikan, (8) Kategori TV Peduli Kebudayaan, (9) Kategori TV Peduli Nasionalisme Kebangsaan, dan (10) Kategori TV Peduli Dokumenter Indonesia.

Selain itu, (11) Kategori TV Peduli Sensor Mandiri, (12) Kategori Bioskop Peduli Sensor Mandiri, (13) Kategori Rumah Produksi Sadar Sensor, (14) Kategori TV Lokal Sadar Sensor, serta (15) Kategori Lifetime Achievement untuk pelaku perfilman Indonesia.

Ketua Pelaksana Anugerah LSF 2021, Joseph Samuel Krishna mengatakan, ajang ini adalah momen penting karena menjadi kesempatan bagi LSF untuk memberikan apresiasi kepada para pihak yang terkait dengan kerja LSF selama ini.

“(Penentuan) kategori kami ambil dari tahun sebelumnya dan ada yang baru diadakan tahun ini (Kategori Iklan Peduli Pandemi dan Lifetime Achievement). Kami berikan apresiasi komersil dan ILM yang peduli terhadap cara hidup sehat di masa pandemi,” jelas Joseph terkait kategori yang baru diusung tahun ini.

Sementara itu, tema yang diangkat tahun ini adalah “Cerdas Memilah dan Memilih Tontonan”.

Tema tersebut dipilih sebagai wujud implementasi dari Budaya Sensor Mandiri yang sedang gencar disosialisasikan LSF.

“Harapannya dapat memicu pola pikir positif masyarakat dalam mendukung Budaya Sensor Mandiri sehingga tercipta kesadaran masyarakat akan tontonan yang sesuai dengan usia,” jelas Rommy.

“Sekarang tontonan bisa kita tonton (dari banyak media termasuk melalui gawai) dan banyak (konten) yang tidak tersensor. Makanya kami kedepankan agar masyarakat dapat melakukan literasi, masyarakat bisa memilih tontonan sesuai usianya. Kalau mereka dibekali pemahaman ini maka mereka akan tahu film yang cocok dan yang tidak, “ imbuhnya.

Senada dengan itu, Joseph mengatakan, tema yang diangkat ini terkait dengan upaya LSF yang sedang menyosialisasikan Budaya Sensor Mandiri. “Artinya bukan mengekang kreativitas namun bagaimana memilah tontoan sesuai klasifikasi usia,” ujarnya.

Selanjutnya, terkait periode penilaian, Joseph mengatakan bahwa untuk televisi berlangsung sejak 1 Januari 2020 s.d. 30 Juni 2021. Sedangkan untuk film bioskop, periode penilaian berlangsung sejak 1 Januari 2019 s.d. 31 Oktober 2021. (*)

 

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru