DPR RI Setujui Naturalisasi Mantan Bintang PSM Makassar, tak Sabar Bela Timnas

Marc Klok, mantan pemain PSM Makassar

JAKARTA, Linisiar.id – Komisi III DPR RI menyetujui naturalisasi pemain Persija Jakarta, Marc Klok pada rapat virtual, Senin (5/10/2020).

Namun, setelah disetujui oleh DPR RI, mantan pemain PSM Makassar ini masih harus menunggu tahapan berikutnya untuk resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Selama merumput di Indonesia, bersama PSM Makassar, Klok memang menunjukkan kualitasnya.

Selain piawai mencetak gol, pemain asing asal Belanda ini juga memiliki kemampuan membantu pertahanan.

Selain Marc Klok, dalam rapat yang berlangsung secara virtual itu, Komisi III DPR RI juga menyetujui permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan tiga atlet bola basket yaitu Brandon van Dorn Jawato, Lester Prosper, dan Kimberly Pierre Louis.

Rapat itu turut dihadiri Menpora Zainudin Amali, Menkumham Yasonna Laoly, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dan Ketua Umum Perbasi Danny Kosasih.

“Untuk selanjutnya diproses sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir.

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia, keputusan diterima atau tidaknya orang luar negeri menjadi WNI berada di tangan Presiden.

Jika Presiden memutuskan untuk menerima permohonan pergantian kewarganegaraan itu, maka orang asing itu  harus mengucapkan sumpah atau janji setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia sebelum dinyatakan sah berstatus WNI.

Marc Klok, yang merumput di Indonesia sejak tahun 2017, mengaku senang dengan persetujuan DPR atas permohonan naturalisasinya.

Pria berusia 27 tahun itu pun berterima kasih untuk semua pihak yang telah memberikan bantuan. Dia menegaskan, siap jika nantinya dipanggil membela timnas senior Indonesia.