Kamis, Februari 25, 2021

Dialog Akhir Tahun: Seniman, Budayawan, dan Tokoh Literasi Puji Terobosan Perpustakaan Arsip Sulsel

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel menggelar Dialog Akhir Tahun 2020 dan Resolusi 2021 bertema “Perpustakaan, Literasi, dan Kebudayaan di Aula Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Sulsel, Jalan Sultan Alauddin Makassar, Senin (28/12/2020).

Hadir sebagai narasumber Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Hasan Sijaya, SH, MH, seniman Yudhistira Sukatanya, budayawan Asmin Amin, tokoh literasi Bachtiar Adnan Kusuma, dan moderator Dr Quraisy Mathar.

Pada momen ini, Hasan Sijaya menjelaskan beberapa upaya yang sudah dilakukan untuk membenahi perpustakaan di Sulsel, sehingga pengunjung merasa nyaman berada di perpustakaan.

“Kami punya tiga gedung perpustakaan di Sulsel dan saat ini sudah dimanfaatkan semua sebagai tempat edukasi,” kata Hasan Sijaya.

Termasuk ikut berperan aktif mendorong budaya literasi melalui perpustakaan lorong dan desa yang digagas para pegiat literasi.

Hasan Sijaya juga menyampaikan harapannya agar tahun 2021 nanti, bisa terwujud perpustakaan digital. Sebagai langkah awal, pihaknya sudah menyalurkan bantuan komputer ke daerah-daerah dan memberi bimbingan teknis (bimtek) pengelola perpustakaan.

Sedangkan Yudhistira berharap, suatu saat perpustakaan wilayah ini dapat menjadi pusat data. Pengunjung yang datang bisa mendapatkan data yang dibutuhkan.

Bahkan warga tidak perlu datang ke perpustakaan ini. Mereka bisa mengakses data dari rumah masing-masing.

Budayawan Asmin Amin memuji kepemimpinan Hasan Sijaya selama menjabat Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel.

Menurut Asmin, dari aspek budaya, pemimpin yang hebat itu punya ininnawa (ketulusan) dan sumange (semangat). “Saya melihat, dua aspek ini ada pada Pak Hasan Sijaya,” katanya.

Pujian juga datang dari pegiat literasi, Bachtiar AK. Ia menilai, semangat Hasan Sijaya untuk menghidupkan budaya baca sangat luar biasa. (*)

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru