Selasa, April 13, 2021

Dewan Siapkan Anggaran Rp 50 M Bila Makassar PSBB

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Makassar menyiapkan anggaran sebesar Rp 50 miliar bila pemerintah kota menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Anggaran tersebut disiapkan untuk memberi keringanan bagi masyarakat dan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Juru Bicara Badan Anggaran DPRD Kota Makassar, Mario David mengatakan telah menyiapkan anggaran untuk menunjang penghidupan masyarakat yang terdampak bila PSBB diterapkan.

“Anggarannya ada, 50 miliar. Itu untuk bantuan ke warga dengan kompensasi ke pelaku usaha,” kata Mario, Senin, 11 Januari 2021.

Kendati PSBB di Makassar belum pasti, Mario mengatakan syarat untuk menempuh PSBB dari sisi ekonomi sudah terpenuhi.

“Anggaran untuk melaksanakan PSBB sudah siap. Kita tidak berharap PSBB ini dilaksanakan. Kasihan UMKM juga. Tapi kalau memang harus, kita sudah siap,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Ahli Epidemiologi Satgas Covid-19 Makassar, Ansariadi, menyebut kepastian PSBB di Makassar baru akan diumumkan pada Senin, 11 Januari 2021.

Wacana PSBB tersebut, kata dia, akan dibicarakan bersama seluruh pemangku kepentingan terkait. Karena itu, PSBB masuk dalam salah satu alternatif yang perlu dipertimbangkan.

“PSBB baru kita mau bahas. Saya bersama tim rencana mau ketemu pak wali untuk membicarakan dan diskusikan itu. Karena ada beberapa alternatif lain, nanti di situlah dipilih apakah memilih alternatif lain selain PSBB,” terangnya.

Ansariadi mengatakan jauh sebelum pemerintah pusat hendak memberlakukan PSBB di seluruh wilayah di Indonesia, pihaknya sudah memprediksi soal PSBB di Makassar.

“Jadi sebelum pusat putuskan kita di Makassar sudah prediksi itu. Beberapa hari lalu kita sudah wacanakan Makassar akan PSBB jika kasus terus mengalami peningkatan,” kata Ansariadi, Sabtu, 9 Januari 2020.

Saat ini, Ansariadi mengatakan Covid-19 terus meningkat secara keseluruhan di Indonesia. Hal itu menjadi peringatan di daerah lain untuk mempertimbangkan PSBB.

“Tetapi PSBB itu tergantung dari situasi daerah,” ungkapnya.

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru