Sabtu, Oktober 16, 2021

Bupati Luwu Buka Pekan Produk UMKM 2021 di IKM Barambing, Panitia Tawarkan Banyak Pelatihan  

Populer

Luwu, Linisiar.id – Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang secara resmi membuka kegiatan Pekan Produk UMKM tahun 2021 di Sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Barambing, Desa Buntu Kunyi, Kecamatan Suli, Senin (27/9/2021).

Dengan mengusung tema “Produk Lokal Tumbuh, UMKM Tangguh, Luwu Maju”, diharapkan Pekan Produk UMKM tahun ini dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Kabupaten Luwu.

“Sentra IKM Barambing ini telah kita jadikan pusat pertumbuhan dan pengembangan UMKM dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Kabupaten Luwu,” kata bupati.

“Pekan Produk UMKM ini harus menjadi landasan kita bersama terutama para camat dan kepala desa untuk bisa menjadi motivator lahirnya produk-produk kreatif dari pelaku UMKM yang ada didaerahnya masing-masing untuk memacu perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Disadari bersama, di masa pandemi covid 19, koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Luwu sampai dengan saat ini masih belum menunjukan kemajuan yang signifikan, baik dari segi kelembagaan maupun tingkat produktivitas usaha.

Hal mendasar yang masih dihadapi adalah terbatasnya akses koperasi dan UMKM terhadap sumber daya produktif, seperti permodalan, teknologi, informasi dan pasar.

Keterbatasan tersedianya dana untuk modal kerja atau investasi telah menyebabkan koperasi dan UMKM sulit untuk meningkatkan kapasitas usahanya. Disamping sulitnya untuk mengembangkan produk yang berdaya saing.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah daerah berupaya keras dan mengambil langkah-langkah kebijakan, yaitu dengan memberdayakan koperasi dan menumbuhkembangkan wira usaha baru, di samping kegiatan-kegiatan usaha lainnya dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan

“Berbagai kebijakan pemerintah daerah untuk mendukung pengembangan Koperasi dan UMKM, diantaranya memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam pengurusan surat izin usaha, kerjasama dengan pihak Bank Sulselbar memberikan pinjaman modal usaha sebanyak Rp 5-10 juta rupiah tanpa bunga serta tanpa agunan bagi pelaku UMKM yang ingin membuka usaha di IKM Barambing,” lanjut H Basmin Mattayang.

Di akhir sambutannya, Bupati Luwu memberikan apresiasi kepada Satgas PEN yang diketuai oleh Kajari Luwu, Erny Veronika Maramba atas giat-giatnya dalam Pemulihan Ekonomi Nasional di Kabupaten Luwu.

Sementara itu, Erny Veronika Maramba menjelaskan bahwa pelaksanaan Pekan Produk UMKM ini tidak terlepas dari kolaborasi peran dari pemerintah daerah, unsur Forkopimda dan semua elemen masyarakat.

“Kita masih mengingat pelaksanaan Pekan UMKM tahun 2020 dimana menjadi cikal bakal terbentuknya sinergitas dari semua unsur dalam memotivasi pelaku UMKM untuk terus berkreasi menghasilkan produk-produk unggulan dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional di Kabupaten Luwu,” jelas Erny Veronika Maramba.

Menurutnya, dengan sinergitas yang telah terjalin selama ini, dapat memberikan ide-ide untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang berdampak bagi pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Kabupaten Luwu.

“Bisa kita liat sinergitas itu, dimana pemda dan ormas-ormas seperti Pemuda Muhammadiyah yang telah 2 (dua) kali menggelar Workshop Digital Marketing bagi pelaku UMKM, pemberdayaan yang di lakukan oleh TP PKK di tiap wilayah juga telah membangkitkan perekonomian rumah tangga,” kata Erny Veronika Maramba

Hanya saja, Erny Veronika Maramba berharap agar semua yang telah dilakukan ini jangan hanya seremonial belaka tetapi perlu ada kegiatan yang berkesinambungan dan pembinaan berkelanjutan bagi OPD terkait untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan selaku Ketua Panitia, Ahyar Kasim, mengatakan Pekan Produk UMKM akan berlangsung selama sepekan mulai tanggal 27 September hingga 3 Oktober 2021 yang diikuti sebanyak 50 stand UMKM diantaranya Stand UMKM Binaan TP PKK Kabupaten Luwu, UMKM Binaan Dekranasda.

UMKM Binaan DWP Kab Luwu, stand dari 22 kecamatan se Kabupaten Luwu, stand Kejaksaan Negeri Luwu, Stand Perbankan, Perusahaan Swasta, dan pelaku ekonomi lainnya.

Adapun jenis-jenis kegiatan yang akan dilaksanakan, seperti pameran produk UMKM yang ada di Kabupaten Luwu, vaksinasi massal, fasilitasi pengembangan Ekraf, pelatihan kemasan produk, pelatihan Barista, pelatihan Pembuatan Gula Aren dan Gula Semut, Festival Kopi serta pementasan seni. (*)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru