Budiman Menyapa Nelayan Balantang, Paparkan Program Prioritas Perikanan Kelautan

Calon Wakil Bupati Lutim, Drs. Budiman, MPd (kiri) berbincang dengan warga di Desa Balantang, Kecamatan Malili, Selasa (20/10/2020).

LUTIM, Linisiar.id – Sahutan dan yel-yel “Lanjutkan!” diteriakkan ibu-ibu ketika Calon Wakil Bupati Nomor urut satu Drs. Budiman, MPd menyapa mereka di Dusun Mallusetasi, Desa Balantang, Kecamatan Malili, Selasa (20/10/2020).  

Kali ini, Desa Balantang menjadi lokasi pasangan Husler-Budiman Menyapa Desa di wilayah Kecamatan Malili.

Dalam paparan visi-misinya, Budiman menjelaskan potensi kelautan dan perikanan Luwu Timur serta program prioritas Husler-Budiman di bidang perikanan kelautan, yakni:

1. Pemberian benih unggul serta sarana dan penunjangnya.

2. Pemberian sarana dan prasarana alat tangkap bagi nelayan.

3. Pemberian bantuan peralatan pengolahan perikanan.

Dalam kesempatan itu, Budiman menyempatkan mengunjungi beberapa tokoh masyarakat dan kerabat.

Memasuki hari kelima Husler-Budiman Menyapa Desa di Kecamatan Malili, Budiman telah mengunjungi 25 titik termasuk posko dan rumah warga.

Di Balantang, langkah Calon Wakil Bupati nomor urut satu ini terlihat stabil dan mantap.

Berada di tengah emak-emak, Budiman terlihat santai dan sangat akrab bercanda. Sesekali membuat lelucon yang membuat emak-emak tertawa.

Kawasan pinggiran Sungai Balantang sudah sejak lama dihuni oleh nelayan. Di kawasan ini, Budiman menyempatkan mengunjungi dan berbincang-bincang dengan pengusaha ikan, yakni bapak Dullah dan ibu Nasmi.

Keduanya adalah pengusaha kecil, pengumpul dan pengolah ikan. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, perikanan dan kelautan Luwu Timur menjadi salah satu sektor dalam program prioritas Husler-Budiman.

Sektor ini diharapkan menjadi salah satu yang menopang ekonomi Luwu Timur, seperti dituturkan jubir Husler-Budiman, Arvan.

“Di periode sebelumnya, Pak Husler lebih fokus pada pembangunan manusia yang manfaatnya bisa kita lihat pada peningkatan IPM yang signifikan. Keberhasilan itu tentu tetap dilanjutkan, sambil mulai menambah fokus kita pada sektor-sektor yang menjadi fondasi ekonomi Luwu Timur

“Tentunya sektor perikanan kelautan kita harap akan menjadi salah satu sektor yang akan menggeser dominasi sektor pertambangan yang menjadi penyebab penurunan pertumbuhan ekonomi Luwu Timur,” tambahnya.

Sosialisasi selanjutnya, Drs. H. Budiman dijadwalkan menyapa warga di muara Sungai Balantang yang hampir semua warganya adalah petambak. (*)