Senin, September 27, 2021

Bappelitbangda Luncurkan Aplikasi BADIK Luwu, Sekda: Isinya Bisa Jadi Bahan Referensi dan Kepentingan Studi

Populer

Luwu, Linisiar.id  – Pemerintah Kabupaten Luwu melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Luwu meluncurkan sebuah aplikasi Bank Data Terintegrasi Kabupaten Luwu yang disingkat Badik Luwu di ruang rapat kantor Bappelitbangda, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Senin (30/8/2021).

Aplikasi Badik Luwu merupakan penjabaran dari aksi perubahan yang dilakukan oleh Kepala Bappelitbangda, Achmad Awwabin dalam mengikuti rangkaian proses pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II atau Latpim II.

Menurut Achmad Awwabin, berdasarkan Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah, dimana terdapat dua sistem pengelolaan data, yakni data pembangunan daerah dan data keuangan daerah.

Data pembangunan daerah sendiri dikoordinir oleh Bappelitbangda, sementara data keuangan dikoordinir oleh bagian keuangan sekretariat daerah.

“Atas dasar Permendagri tersebut serta mewujudkan program Satu Data Indonesia, khususnya di Kabupaten Luwu, maka aplikasi Badik Luwu dibuat dengan tujuan sebagai Bank Data yang terintegrasi serta sebagai sarana penyebaran informasi satu data,” jelas Achmad Awwabin

Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu, H Sulaiman yang turut mengunduh aplikasi Badik Luwu di Play Store menjelaskan ada banyak kebutuhan data yang tersedia dalam aplikasi ini, terutama informasi perencanaan pembangunan daerah.

“Informasi perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Luwu terkait kesehatan, pelayanan umum, geografi, potensi sumber daya alam hingga data ekonomi dan keuangan juga bisa diakses melalui aplikasi BADIK Luwu ini. Jadi jika butuh data silahkan buka Badik Luwu,’ terang H Sulaiman.

Selain informasi perencanaan pembangunan daerah, di dalam aplikasi Badik Luwu juga memuat analisis dan profil pembangunan daerah, seperti data statistik daerah, PDRB hingga data tingkat kemiskinan di Kabupaten Luwu.

“Informasi yang disajikan dalam aplikasi bisa menjadi bahan referensi bagi masyarakat, termasuk mahasiswa yang ingin melakukan studi di Kabupaten Luwu,” lanjut H Sulaiman.

Untuk pengguna Android dapat mendownload dan menginstal aplikasi BADIK melalui google playstore atau mengakses tautan berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.badikluwu.apps. (*)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru