Sabtu, September 24, 2022

9 Cara Merawat dan Mencuci Sprei Agar Tetap Bersih dan Nyaman

Populer

LINISIAR.ID – Tidur yang nyaman tak lepas dari peran sprei yang bersih. Walaupun sprei murah, Anda bisa tetap tidur nyenyak dan nyaman jika spreinya memang bersih. Nah untuk bisa mendapatkan sprei bersih, Anda juga tak harus selalu menggunakan sprei baru. Sprei lama namun dirawat dan dicuci dengan benar, tetap akan membuatnya bersih dan nyaman.

Bagaimana cara merawat dan mencuci sprei agar senantiasa bersih dan membuat nyaman saat digunakan? Ini dia beberapa tipsnya.

1. Cuci Sprei Baru Sebelum Digunakan

Ya, ini penting. Tak hanya sprei atau peralatan kain yang lainnya. Bahkan pakaian, hingga pakaian dalam, sebelum digunakan harusnya dicuci terlebih dahulu. Tujuannya jelas, yakni membersihkan segala kotoran yang mungkin menempel dan juga kuman. Sebab Anda tidak tahu, seberapa lama sprei ada di toko, bagaimana sprei itu dibuat, dan lain-lain.

Namun jangan salah, mencuci sprei baru tidak usah terlalu intens. Cukup dengan menambahkan deterjen sedikit, merendamnya sebentar, dan mencucinya dengan ringan, serta menjemurnya di tempat yang tidak terik langsung dari sinar Matahari, itu sudah cukup.

2. Memisahkan Sprei dari Cucian Lain

Sprei pada umumnya mempunyai tekstur kain yang halus dan lembut. Itu sebabnya jangan dicampurkan dengan pakaian lain saat mencucinya. Apalagi dengan bahan pakaian yang kasar seperti jeans. Selain bisa merusak serat kainnya yang nantinya bisa jadi kasar dan tidak nyaman lagi, kain sprei ini bisa kena lunturan warna dari kain lain.

3. Menggunakan Detergen Cair

Sprei yang baik, nyaman, serta sehat adalah sprei yang lembut dan terbebas dari bahan kimia. Nah saat mencucinya, gunakan deterjen cair. Selain karena detergen cari sifatnya lebih lembut dari jenis sabun lain, deterjen cair juga mudah larut di air. Dan ini meminimalkan residu detergen yang mungkin masih menempel di kain sprei. Sabun jenis lain kemungkinan memberikan residunya lebih besar.

4. Jangan Gunakan Air Hangat atau Panas

Kain sprei sangat lembut. Jadinya sangat sensitif terhadap suhu panas. Serat kainnya bisa rusak. Sprei jadinya bisa kasar. Untuk itu, saat mencucinya, akan lebih baik jika digunakan air dingin. Atau air yang suhunya sekitar 60 derajat celcius. Supaya kotoran bisa hilang dan serat kain sprei pun bisa tetap bagus.

5. Jangan Gunakan Pemutih

Sprei yang kotor memang efektif dibersihkan dengan pemutih. Akan tetapi imbasnya, kain sprei bisa rusak. Warnanya juga bisa memudar. Untuk itu, tak perlu menggunakan pemutih akan lebih baik. Mencuci sprei tidak terlalu lama dalam penggunaanya dan juga menggunakan detergen, sudah bisa kok membersihkan sprei dari kotoran yang bandel.

6. Tidak Perlu Disikat

Anda tentu sering membersihkan pakaian kotor dengan cara menyikatnya. Nah untuk sprei, hindari hal tersebut. Meski kotoran yang menempel bisa hilang, namun serta kain sprei bisa rusak. Akibatnya sprei jadi tak senyaman sebelumnya. Tetap, solusinya adalah rajin-rajin mengganti sprei sebelum terlalu kotor dan juga mencucinya dengan menggunakan detergen. Dijamin, sprei bersih dan nyaman tetap bisa Anda miliki.

7. Membilasnya Secara Perlahan

Saat mencuci sprei, kita harus melakukannya secara perlahan. Nah begitu juga saat membilasnya. Tak perlu menggunakan kecepetan tinggi saat mencuci dan membilasnya jika dicucinya menggunakan mesin. Perlahan saja, supaya seratnya tidak rusak.

8. Mengeringkan Sprei Secara Manual

Hal ini juga sama. Perlakuan saat mengeringkan sprei juga harus perlahan. Itu sebabnya, penggunaan alat pengering pada mesin cuci sebaiknya dihindarkan. Keringkan saja secara manual. Yakni dengan cara diperas tangan dan nanti mengandalkan airnya hilang saat dijemur. Tujuannya sama, untuk menjaga serat kain sprei tetap lembut.

9. Menjemur Secara Tidak Langsung

Untuk hasil jemur yang bagus, Anda pasti biasanya menjemur pakaian langsung di bawah terik sinar matahari. Nah untuk sprei, jangan begitu. Jemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Malah bisa di tempat yang hanya kena hangatnya saja dan diangin-anginkan. Selain mencegah kain terlalu kering dan akhirnya membuat serat kain sprei rusak, juga supaya warna kain tidak cepat pudar. Dan jangan lupa juga, saat menjemurnya, bagian dalam spreilah yang ada di luar.

10. Menyetrika di Suhu yang Tidak Terlalu Panas

Setelah sprei kering, Anda bisa menyetrika sprei Anda. Supaya rapi, licin, dan nyaman. Namun perlu diperhatikan, menyetrika kain sprei hindarkan dari suhu yang terlalu panas. Lagi-lagi, suhu yang terlalu panas akan membuat serat kain rusak. Pilih saja suhu sedang. Sebab dengan suhu sedang saja, serat kain sprei yang kusut bisa menjadi rapi, licin, dan nyaman. Atau juga dilakukan penyesuaian suhu terhadap jenis kain sprei. Biasanya ada label suhu yang disarankan di spreinya. Atau juga di bagian setrika Anda.

Itu dia 9 cara merawat dan mencuci sprei yang bisa kita lakukan agar spreinya tetapi bersih dan nyaman. Lakukan dengan hati-hati supaya spreinya awet. Jika Anda harus membeli sprei baru karena rusak, atau ingin menambah koleksi, beli saja di Blibli. Aneka merk, warna, ukuran, bahan, dan juga harga ada di sana. Ayo jaga sprei Anda dengan baik. Supaya tidur nyaman Anda dapatkan, tubuh yang sehat pun Anda rasakan. Semoga bermanfaat! (*)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

Berita Terbaru