Senin, April 12, 2021

Walikota Palopo Hadiri Musrenbang RKPD Sulsel 2022, Begini Harapan Plt Gubernur

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Walikota Palopo Drs. H.M. Judas Amir, MH hadiri Musrenbang Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2022 yang digelar Hotel Claro Makassar, pada Kamis, 8 April 2021.

Seluruh rangkaian pelaksanaan Musrenbang RKPD tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 yang ketat.

Kegiatan ini dihadiri Plt Gubernur Prov Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Kanwil Kementerian Agama Sulsel, Kepala Bappelitbangda Sulsel, Ketua DPRD Sulsel, perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel, para bupati dan walikota se-Sulsel.

Hadir juga perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulsel, Kadin Sulsel, perwakilan peserta Musrenbang, dan moderator pada Musrenbang yakni Dr. Agussalim, M.Si.

Acara tersebut dirangkaikan dengan Penyerahan Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2021oleh Plt Gubernur Prov Sulsel serta Penandatanganan Berita Acara
Musrenbang Penyusunan RKPD Tahun 2022 Prov. Sulsel oleh masing-masing Perwakilan Peserta Musrenbang.

Plt Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya sekaligus membuka acara Musrenbang Penyusunan RKPD Tahun 2022 Provinsi Sulsel mengatakan perlunya sinergitas antara pemerintah dan legislatif dalam mengawal pembangunan daerah melalui aspirasi yang diterima para legislator di lapangan.

“Kami butuh orang ke lapangan. Kami punya mitra 85 (legislator provinsi) dan bisa dibayangkan kalau semuanya kita sinergikan dan berapa kabupaten/kota yang memberikan aspirasi dengan baik, kami bisa bersinergi. Tinggal arah sinergi yang perlu kita perbaiki,” jelasnya.

Sehingga, kata Andi Sudirman, ada tahapan-tahapan prioritas yang tentu hadir dari kolaborasi antara pemerintah provinsi, pemerintah daerah, dan para legislator.

Bahkan Andi Sudirman menginginkan dalam setiap kunjungannya ke daerah, ada legislator dari provinsi maupun dari kabupaten/kota setempat yang ikut serta mengawal dan melihat langsung kondisi pembangunan dan perekonomian di daerah.

“Ini cara kami manfaatkan cara cepat menguasai lapangan dengan menerima masukan dari tim legislatif dan semua dirangkum dalam catatan,” ungkapnya.

Dalam momentum Musrenbang ini, Andi Sudirman mengaku akan mengeluarkan keputusan berdasarkan aspirasi dari bawah untuk ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah.

“Keputusan bottom up ketika diproses secara administratif dan memungkinkan itulah keputusan saya. Saya tidak mau top down, kalau top down bahaya dipaksa-paksa nanti saya masalah, mereka bermasalah, memasalahkan orang memasalahkan juga diri sendiri. Saya mau sistem bottom up dalam mengambil keputusan,” tegasnya.

Sudirman juga menyampaikan, sudah memetakan kondisi jalan di Sulsel. Baik jalan nasional maupun jalan strategis provinsi yang menghubungkan jalan kabupaten dengan kabupaten untuk melihat kondisi jalan agar bisa dikerjakan dengan baik.

Turut hadir mendampingi Walikota Palopo, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda), Andi Enceng, SE, M.Si, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palopo, Raodhatul Jannah S.Sos, serta Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setda Kota Palopo Wahyudin, S.AN. (*)

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru