Jumat, Mei 27, 2022

Tinggal di Gubuk Reot, Pemda Lutra Bangun Rumah untuk Kakek Nyahmun

Populer

MASAMBA, Linisiar.id – Kisah Sugiatmoadi (75) alias kakek Nyahmun viral di media sosial karena tinggal di gubuk tak layak huni bersama cucunya. Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani langsung membangun rumah untuk kakek Nyahmun.

Mendengar laporan adanya seorang kakek bersama cucunya yang tinggal di gubuk reot di
Dusun Salassa, Desa Lampuawa, Kecamatan Sukamaju, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani beserta jajaranya langsung mengunjungi Kakek Nyahmun untuk memastikan kondisi warganya itu.

“Bersangkutan (Kakek Nyahmun) ini penyandang masalah kesejahteraan Sosial.
Setelah dilakukan assessment kita temukan masalah yang cukup kompleks. Ada masalah internal keluarga dan sebagainya termasuk di dalamnya ada masalah hukum juga,” kata Indah usai melihat langsung kondisi kakek Nyahmun, Jumat (11/02/2022).

Baca juga CEO Bobobox Indonesia Bertandang ke Luwu Utara, jadi Spirit Baru Sektor Pariwisata

“Oleh karena itu penyelesaian masalahnya juga harus menyeluruh,” sambung Indah.

Terkait tempat tinggal Kakek Nyahmun, Indah langsung menginstruksikan jajaranyan dalam hal ini Dinas Sosial, BPB Luwu Utara dan dinas terkait untuk segera membongkar gubuk dan langsung membangun rumah yang layak huni untuk Kakek Nyahmun bersama cucunya Danang (16).

“Kalau terkait dengan rumahnya besok kita akan bongkar dan langsung bangun kembali apa lagi status lahanya memang sudah milik yang bersangkutan. Kita harap dengan bantuan semua pihak terkait satu minggu kedepan rumahnya sudah bisa jadi dan bisa langsung dihuni,” tutur ibu dua anak itu.

Baca juga Resmi Dilantik, Ketua PKK Kecamatan Diminta jadi Energi Penggerak

“Katanya dokumen kependudukanya juga sudah kadaluarsa harus diperpanjang. Nanti melalui Pemerintah desa dan Kecamatan kita akan bantu aktifkan kembali. Insya Allah senin sudah bisa akif,” pungkasnya.

Keinginan Kake Nyahmun yang ingin berkebun juga dipenuhi oleh Bupati Indah dengan membantu Kake Nyahmun bibit manggis.

“Ternyata bersangkutan punya lahan, nah dia mau berkebun manggis katanya. Kita akan bantu bibit manggis juga” kata Indah.

Baca juga Program Semalam di Desa “Is Back”

Tidak sampai disitu, melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Utara bupati perempuan pertama di Sulsel itu juga membantu Danang cucu kakek Nyahmun untuk bisa kembali melanjutkan pendidianya.

“Tadi saat kita ngobrol alasan si Danang tidak lanjutkan sekolahnya karena ijazahnya hilang. Hadir langsung juga kepala dinas pendidika dan saya langsung minta untuk dibantu terkait hal itu. Apa lagi Danang juga mau untuk kembali ke sekolah,” ungkapnya.

Pada saat meninjau langsung kondisi Kake Nyahmun Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani didampingi Kalaksa BPBD, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan menyetahkan langsung berbagai jenis bantuan. Mulai dari peralatan dapur, terpal, selimut, kasur, karpet hingga sembako.

Baca juga Hanya Luwu Utara di Sulsel yang Masuk PPKM Level 1 Berdasarkan Assesmen Kemenkes

Sekedar diketahui Kakek Nyahmun dan cucunya Danang adalah warga pindahan dari Rawamangun. Selama ini kake Nyahmun juga terdaftar sebagai penerima program jamlinmas berupa BPNT dan BPJS kesehatan.

Klik INSTAGRAM

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru