Senin, November 28, 2022

Terus Tingkatkan SDM-nya, Bupati Bantaeng Buka Diklat Pengelolaan Barang Milik Daerah

Populer

BANTAENG, LINISIAR.ID – Para Pengurus dan Penyimpan Barang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Banteng, mengikuti pendidikan dan pelatihan pengelolaan barang milik daerah (BMD) dengan metode tatap muka.

Diklat yang dibuka Bupati Bantaeng Ilham Azikin, ini guna memperdalam pemahaman sumber daya manusia aparatur pemerintah daerah.

Kegiatan berlangsung di Ruang Teater, Gedung M. Jusuf Lantai 6 Balai Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara Gowa BPK RI, Jl. H.M. Yasin Limpo No.59, Romangpolong, Somba Opu, Gowa, Selasa (11/10).

Tujuan dilaksanakannya Diklat ini yakni agar peserta mampu menguraikan konsep dasar dan peraturan-peraturan pengelolaan barang milik daerah, memahami pengelolaan BMD dan aplikasi yang digunakan.

Kepala Balai Diklat PKN Gowa, Ikromi, mengatakan bahwa pengelolaan aset pemerintah daerah tidak semata-mata berupa BMD yang dimiliki oleh pemerintah daerah saja, namun juga aset pihak lain yang dikuasai oleh pemerintah daerah.

“Pengelolaan aset yang dilakukan dengan kurang bijaksana dapat menimbulkan inefisiensi dimana beban pengeluaran untuk biaya perolehan dan pemeliharaan aset akan lebih besar dari manfaat yang bisa diperoleh,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bantaeng dalam sambutannya mengatakan bahwa pada kesempatan ini perlu ditekankan bahwa pengelolaan dan manajemen aset merupakan hal mutlak harus dilaksanakan oleh setiap OPD, karena itu sangat berpengaruh pada penilaian/opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

“Maka dari itu untuk menunjang keberhasilan tata kelola barang milik daerah yang efisien, efektif dan akuntabel, diperlukan dukungan, komitmen dan tanggungjawab dari semua pihak. Saya minta kepada seluruh peserta diklat untuk mengikuti diklat ini dengan penuh disiplin, memiliki motivasi tinggi dan bersemangat untuk memahami mendalami materi diklat,” tutur Bupati.

Rencananya Diklat akan dilaksanakan sebanyak 3 batch, Batch I yaitu mulai tanggal 11 s/d 13 Oktober 2022 dengan jumlah peserta 28 orang, Batch II yaitu mulai tanggal 18 s/d 20 Oktober 2022 dengan jumlah peserta 28 orang, dan Batch III yaitu mulai tanggal 25 s/d 27 Oktober 2022 dengan jumlah peserta 30 orang.

Turut hadir yakni Inspektur Daerah Bantaeng, Muh. Rivai Nur, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Asruddin, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, Muh. Awaluddin Ramli, Kepala Seksi Penyelenggaraan Balai Diklat PKN Gowa, Endang Rachmiaty, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Diklat PKN Gowa, Surya Kusuma Wisnuwardhana, serta Pengajar dari KPKNL Makassar, Andi Mujahid Darwis. (*)

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

Berita Terbaru