Kamis, Desember 9, 2021

Tempuh 333 Km Lintasi 9 Kabupaten Kota, Plt Gubernur Semangati Peserta Jelajah Pesona Sulawesi 2021

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id — Sebagai sarana menumbuhkan minat masyarakat dalam berolahraga sekaligus mempromosikan obyek wisata di Sulawesi Selatan (Sulsel), Komunitas Sepeda Lipat Makassar (SLiM) dan Perhimpunan Hotel Indonesia (PHRI) serta Pemerintah Provinsi Sulsel, menyelenggarakan event Jelajah Pesona Sulawesi 2021.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, melepas 70 peserta dari berbagai daerah di Indonesia di Jalan Yusuf Daeng Ngawing, Rumah Jabatan Wakil Gubernur, Kamis, (11/11/ 2021).

Peserta akan menempuh jarak 333 Km selama empat hari, dari Rute Makassar-Pinrang-Enrekang-Toraja, dengan melintasi sembilan kabupaten/kota.

Pada pelepasan hadir juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Prof Jufri, Ketua DPRD Kota Bontang Faisyal Sofyan Nasdem, Ketua KONI Bontang, Emil, dan Wakil Ketua KONI Sulsel, Irfan Lutfi.

“Tentu ini adalah kecintaan kita pada bagaimana hidup sehat, ramah dengan lingkungan karena sepeda lipat ini tidak menimbulkan emisi. Ini juga sebagai kampanye rendah karbon. Terutama bagaimana bersepeda menjadi kebiasaan,” kata Andi Sudirman sebelum melepas peserta.

Ia mendukung budaya bike to work, serta hak pesepeda pada jalur lintasan.

“Tadi saya berdiskusi bagaimana bike to work, juga jalur khusus pesepeda. Saya bilang kita cat yang merupakan jalan kewenangan provinsi. Kita akan buatkan tracknya, kita ajak Balai, kita jadi contoh,” sebutnya.

SliM menginisiasi kegiatan ini, karena pandemi Covid-19 membuat sektor pariwisata terpuruk. Sehingga diharapkan kehadiran peserta dari berbagai wilayah di Indonesia bisa menumbuhkan sektor pariwisata.

Adapun rute di hari pertama dari Makassar ke Pinrang. Peserta akan menginap dan di jamu di Rumah Jabatan Bupati Pinrang. Esoknya hari kedua, menuju ke Cakke di Kabupaten Enrekang dan dijamu oleh pemerintah daerahnya. Hari ketiga, dari Enrekang menuju ke Toraja.

“Hari keempat diajak ke tempat wisata yang ada di Toraja. Dengan demikian, peserta dari berbagai wilayah di Indonesia ini kita ajak menikmati wisata kita di Sulsel,” ucap Ketua Panitia Jelajah Pesona Sulawesi 2021, Syamruddin.

Walaupun kegiatan ini sifatnya non kompetisi, panitia menyediakan door prize sepeda.

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru