Rabu, Desember 7, 2022

Satgas PPKS Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di FK Unhas

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Universitas Hasanuddin (Unhas) melakukan sosialisasi PPKS di aula Syamsuddin Dg Mangawing, Fakultas Kedokteran Unhas, Jumat (21/10/2022).

Sosialisasi PPKS ini dihadiri Ketua Tim Satgas PPKS Unhas Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum yang juga Wakil Rektor III Unhas, bersama timnya: Dr.Ir. Mardiana Ethrawaty Fachry, MS, serta Prof.Dr.Nursini,SE,MA dan Dra. Rosniati, M.M.

Menurut Prof Farida, landasan hukum PPKS, Permendikbud ristek no.30 tahun 2021 dan Keputusan Rektor unhas No.5282/UN4.1/KEP/2022 upaya pencegahan dan penanganan kekerasan sosial yang dimaksud dilihat dari sasaran, pencegahan, dan penanganan, ruang lingkup.

“Ada 21 kategori perbuatan kekerasan seksual yang kadang tidak disadari sebagai perbuatan kekerasan seksual. Iseng belaka, bersiul misalnya atau ujaran diskriminasi dan pelecehan,” ungkap Prof Farida yang juga mantan Dekan Fakultas Hukum Unhas ini.

Prof. Farida menambahkan, dalam rangka menjaga marwah dari kampus dalam hal kekerasan seksual di mana hasil survei dikatakan hampir 60 persen kampus terpapar masalah kekerasan seksual.

“Dengan sosialisasi ini kita ingin menggugah orang yang mengalami kekerasan seksual baik wanita atau pria untuk dapat melaporkan, agar dapat penanganan sesuai aturan hukum dan bantuan psikologis,” pungkas Prof Farida.

Prof Farida juga berharap di kampus Unhas ini para civitas akademika bisa saling menjaga, menguatkan dan menghargai sehingga tidak terjadi aksi kekerasan seksual.

Diketahui FK Unhas merupakan fakultas yang ke-14 yang dikunjungi Tim Sosialisasi PPKS Unhas yang ikut dihadiri Dekan FK-UH, Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Kes.,Sp.PD-KGH.,Sp.GK(K) para Wakil Dekan, tenaga pendidik dan mahasiswa FK Unhas. Selain itu pula, DR. dr.Annisa Anwar, SH, M.Kes, Sp.FM menanggapi positif untuk turut berpartisipasi dalam Satgas PPKS.

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

Berita Terbaru