Sabtu, September 24, 2022

Program Bina Desa FK Unhas, Gelar Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan Warga

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK-Unhas) menggelar program Bina Desa di Kelurahan Tamalanrea Jaya, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar. Program ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat FK Unhas dari bagian Tridharma Pendidikan kampus Unhas.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FK Unhas, Dr. dr. Andi Alfian Zainuddin, M.KM dalam keterangannya, menyebutkan kegiatan Bina Desa di TK Cakrawala, Kel. Tamalanrea Jaya, Jumat (24/6/2022), secara teknis dijalankan BEM Kedokteran, Himpunan Mahasiswa Kedokteran Hewan, dan Himpunan Mahasiswa Psikologi FK Unhas.

Di hadapan puluhan warga Tamalanrea, tim pengajar dari FK Unhas melaksanakan penyuluhan kesehatan pasca pandemi, yang dibawakan dr. Diandra Sabrina dan Dr. dr. Syahrijuita Kadir, M.Kes, Sp.THT-KL dari Prodi Pendidikan Dokter. Termasuk pula penyuluhan psiko edukasi oleh Yassir Arafat, S.Psi, M.Psi dari Prodi Psikologi

“Bertepatan momen jelang hari raya Idul Adha, Drh Baso Yusuf dari Prodi Kedokteran Hewan juga memberi penyuluhan tentang tips pemilihan dan pemotongan hewan kurban, di tengah maraknya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan sapi di sejumlah daerah di Indonesia,” ungkap Dr. Alfian.

Dr Alfian menambahkan, pemilihan wilayah Tamalanrea merupakan suatu bentuk tanggung jawab Unhas terhadap masyarakat yang tinggal sangat dekat dengan kampus, yang juga membutuhkan pengetahuan yang komprehensif tentang kesehatan baik kesehatan diri baik fisik maupun mental dan juga kesehatan hewan.

“Apalagi mendekati Hari Raya Idul Kurban, maka persiapan baik kesehatan diri maupun kesehatan hewan kurban harus menjadi perhatian ditambah lagi pada masa pandemi Covid-19 saat ini,” ujar Dr Alfian yang juta Ketua Pengurus Wilayah Masika ICMI Sulsel ini.

Usai penyuluhan, tim FK Unhas juga melaksanakan pemeriksaan kesehatan warga secara gratis, berupa pemeriksaan darah yaitu Hemoglobin, Gula Darah, Kolesterol serta pemeriksaan tekanan darah, yang disupervisi dr. Priyadi.

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru