Selasa, September 27, 2022

Prodi Psikologi FK Unhas Gelar Psikoedukasi Kekerasan Seksual Remaja

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas) menggelar psikoedukasi tentang kekerasan seksual bagi remaja, di SMPN 31 Satap Lalang Tedong, Kab. Maros.

Kegiatan yang bertajuk “Be Aware, Be Connected, Be Brave” menghadirkan sejumlah pemateri dari dosen Psikologi FK Unhas. Kegiatan ini dibuka Kepala SMPN 31 Satap Lalang Tedong, Bu Kulsum, S.Pd.

Ketua Prodi Psikologi FK Unhas, Dr. Ichlas Nanang Afandi, S.Psi, M.A, menuturkan Prodi Psikologi FK Unhas selalu berkomitmen untuk melaksanakan pengabdian masyarakat bagi masyarakat berisiko.

“Maros adalah kabupaten dengan angka kekerasan seksual tertinggi kedua setelah kota Makassar. Hal itulah yg menjadi alasan kami melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di SMP 31 lalang tedong Maros, dengan target peserta siswa SMP dan Guru Sekolah,” ungkap Dr Ichlas.

Sementara menurut Kepala Sekolah SMPN 31 Satap Lalang Tedong Ibu Kulsum, S.Pd, dalam keterangannya, Rabu (24/8/2022), mengungkapkan kegiatan pengabdian masyarakat oleh Prodi Psikologi FK Unhas, peserta didik di SMPN 31 Satap Lalang Tedong mampu mengenali dan memahami apa itu kekerasan seksual, jenis-jenisnya. serta cara mencegah dan melindungi diri jika dihadapkan pada hal tersebut.

“Mengategorikan kekerasan seksual itu sendiri masih terjadi perbedaan persepsi sebelum kegiatan pengabdian ini terlaksana. Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan pengabdian ini, serta berharap kedepannya Prodi Psikologi FK Unhas masih bersedia melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di sekolah kami dengan tema dan materi berbeda sesuai dengan kebutuhan peserta didik,” pungkas Kulsum.

Pemberian materi diawali dengan materi “Be Aware: Memahami Memahami Kekerasan Seksual dan Dampaknya” yang dibawakan oleh Sitti Muthia Maghfirah M., S.Psi.,M.Psi.

Selanjutnya, materi tentang “Be Connected: Sinergi Siswa-Guru-Orang Tua dalam Mencegah Terjadinya Kekerasan Seksual” disampaikan oleh Rizky Amalia Jamil, S.Psi.,M.A..

Materi terakhir tentang “Be Brave: Langkah-Langkah Mengatasi Tindak Kekerasan Seksual dibawakan oleh Syurawasti Muhiddin, S.Psi.,M.A. Setelah pemberian materi, peserta diminta untuk membagikan hal-hal yang diperoleh dari materi pada hari ini. Bu Istiana Tajuddin S.Psi.,M.Psi.,Psikolog kemudian melakukan wrap up dari keseluruhan materi.

Acara diakhiri dengan pemberian doorprize bagi peserta aktif, penyerahan sertifikat kepada perwakilan peserta serta penyerahan plakat ucapan terima kasih dari prodi psikologi kepada SMPN 31 Satap Lalang Tedong.

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

Berita Terbaru