Plt Kadisdik Sulsel Resmikan Taman Baca SMAN 10 Makassar, Ketua FPLD Beri Apresiasi

Plt Kadisdik Sulsel Dr. H. Basri, S.Pd.M.Pd., meresmikan Taman Baca dan Taman Bunga SMA Negeri 10 Makassar, Selasa (28/7/2020).

MAKASSAR, Linisiar.id – Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Sulsel, Dr. H. Basri, S.Pd.M.Pd., meresmikan Taman Baca dan Taman Bunga SMA Negeri 10 Makassar, Selasa (28/7/2020), di Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar.

Dr. Basri dalam sambutannya menekankan, hadirnya Taman Baca SMA 10 Makassar salah satu inspirasinya adalahnya maraknya perpustakaan lorong yang ada di Kota Makassar, kini dikembangkan oleh Bunda Baca Sulawesi Selatan Ibu Ir.Hj.Lies F. Nurdin, M.Fish.

Karena itu, kadisdik berharap hadirnya Taman Baca SMA10 Makassar bisa menjadi inspirasi sekaligus motivasi pada sekolah lain agar ikut serta membuka ruang baca terbuka yang bisa dinikmati oleh para siswa-siswi dan warga sekitar sekolah.

Menurut Dr. Basri, hadirnya taman baca dan taman bunga di SMA 10 adalah bentuk nyata dan karya nyata kepala sekolah SMA dalam menjalankan tugasnya, terutama dalam menerapkan  Manajamen Berbasis Sekolah (MBS).

Acara peresmian Taman Baca dan Taman bunga SMA 10 dihadiri sekitar 20 orang dengan tetap mengikuti protokol Covid-19 yaitu memakai masker, mengatur jarak tempat duduk, dan menyediakan sarana cuci tangan di berbagai sudut tempat pelaksanaan acara.

Penggagas Perpustakaan Lorong Kota Makassar yang juga tokoh literasi nasional, Bachtiar Adnan Kusuma (BAK), menilai prakarsa SMA 10 Makassar membuka ruang baca terbuka adalah bentuk dukungan literasi di Sulsel, sekaligus wujud nyata mengembangkan sekolah berbasis kualitas.

Sekolah berbasis kualitas salah satu indikatornya adalah menjadikan budaya membaca sebagai tradisi yang tumbuh berkembang dalam lingkungan sekolah, guru-guru, dan orangtua siswa-siswi. “Kami memberi apresiasi yang tinggi bagi sekolah yang menyediakan ruang baca terbuka untuk siswa dan guru-guru,” kata BAK yang Ketua Forum Pengelola Perpustakaan Lorong dan Desa (FPLD) Sulsel ini. (*)