MotoGP 2020 – Khawatir Covid-19, Seri Pembuka di Jerez Tanpa Penonton

ilustrasi

SPANYOL, Linisiar.id – Penyelenggara balapan motor paling bergengsi di dunia, MotoGP, memastikan seri pertama atau pembuka akan berlangsung Juli 2020.    

Rencananya, pembuka MotoGP 2020 berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 19 Juli 2020. Panitia sudah mendapat izin dari pemerintah setempat. Namun, tanpa penonton atau tertutup untuk umum.

Beberapa waktu lalu Crash memberitakan, pihak MotoGP, Dewan Kota Jerez, pemerintah Andalusia, dan Dorna Sports telah melakukan pertemuan membahas balapan pembuka musim 2020.

Hasilnya, balapan di Sikuit Jerez dinyatakan tetap akan digelar tanpa penonton.

Sirkuit Jerez dijadwalkan menggelar dua balapan awal kalender MotoGP 2020 secara beruntun. Balapan pembuka dijadwalkan 19 Juli, lalu seri kedua pada 26 Juli 2020.

Sebelumnya, Dewan Kota Jerez menyampaikan bahwa mereka telah bertemu dengan Dorna Sports selaku promotor MotoGP dan Pemerintah Andalusia untuk membahas kemungkinan seri pembuka musim ini bisa dihadiri penonton meski dalam jumlah terbatas.

Namun, setelah melakukan pembahasan yang mendalam, akhirnya diputuskan balapan pembuka MotoGP 2020 di Jerez tetap dihelat tanpa penonton.

Keputusan itu berdasarkan pertimbangan keamanan dan keselamatan orang-orang yang terlibat dalam balapan.

“Semua pihak sepakat bahwa dalam situasi seperti ini jaminan keselamatan tim dan anggotanya serta kelangsungan kompetisi (balapan) harus menjadi fokus,” kata penyelenggara.

Menurut Crash, tiga seri atau balapan di Spanyol (2 di Jerez dan 1 di Catalunya) akan digelar tanpa penonton.

Sedangkan penyelenggara di Misano, Le Mans, dan Valencia masih berharap bisa menggelar balapan dengan dihadiri penonton.

Pada 11 Juni lalu, MotoGP telah merilis kalender balapan musim 2020. Dari 13 seri yang sudah diumumkan, semuanya dipusatkan di Eropa. Meski demikian, MotoGP masih membuka peluang untuk menggelar balapan di luar Eropa yakni di Amerika Serikat, Argentina, Thailand, dan Malaysia. (*)