Minggu, Mei 16, 2021

Mantan Kepsek di Bone Kembalikan Uang Hasil Korupsi

Populer

BONE, Linisiar.id – Mantan Kepala Sekolah SMAN 2 Watampone yang juga terpidana tindak korupsi anggaran pendidikan, Hedar, mengembalikan uang hasil korupsi sebesar Rp500 juta kepada Negara.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bone, Eri Setiana, menyaksikan langsung pengembalian uang tersebut, oleh pihak BRI kepada kejaksaan setempat, Rabu (15/4/2020).  

Uang yang diserahkan Hedar itu bernilai lebih dari setengah jumlah total uang yang dikorup, sebesar hampir Rp985 juta.

Terpidana ditangkap tepat Hari Korupsi, 9 Desember 2018 lalu, ia telah dijatuhi vonis penjara 1 tahun 2 bulan pada 24 Februari lalu.

Jaksa Penuntut Umum, Nurdiana, mengatakan kasus korupsi ini berdasarkan laporan alumni SMA Negeri 2 Bone. Hedar lakukan penyalahgunaan anggaran tahun 2016-2017 dan masuk tahap penyidikan di tahun 2018.

“Motifnya, setiap pencairan dibagi dua dengan bendahara, Muslimin, tapi yang dikuasai bendahara lengkap pertanggungjawabannya, sedangkan Hedar tidak,” jelas Diana.

Meski demikian, Muslimin juga ikut terjerat, karena pada tahun 2017 telah membuat laporan pertanggungjawaban padahal mengetahui bahwa laporan itu fiktif.

Dianggap bersikap kooperatif dan bersedia mengembalikan kerugian negara, Hedar di jatuhi hukuman 1 tahun 2 bulan dengan denda Rp50 juta subsider 3 bulan.

Hedar sendiri terancam hukuman hingga 10 tahun bila tak lakukan pengembalian dan harta Hedar juga akan disita oleh pihak Kejaksaan.

“Kalau tidak mengganti, hartanya akan disita, sisa uang yang belum dikembalikan akan kami tunggu,” tambah Diana. (*)

Editor: Saddam Husain

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru