Manchester Ciy Tersandung, Liverpool Pastikan Juara Liga Inggris 2019-2020

Liverpool juara Liga Inggris 2019-2020

INGGRIS, Linisiar.id – Liverpool yang sejak awal musim dijagokan juara, akhirnya betul-betul tampil sebagai juara Liga Inggris 2019-2020.

The Reds, julukan Liverpool, memastikan diri juara setelah pesaing terdekatnya, Manchester City, kalah 1-2 di kandang Chelsea pada laga pekan ke-31, Kamis (25/6/2020) waktu setempat atau Jumat (26/6) dini hari WIB.

Meski masih tersisa tujuh pertandingan lagi, Manchester City tidak mungkin mengejar koleksi poin Liverpool di klasemen akhir.

Saat ini, Manchester City yang juara dua musim terakhir, memiliki 63 poin. Jika memenangkan semua laga sisa, poin maksimal pasukan Pep Guardiola hanya 84.

Sedangkan Liverpool yang saat ini memimpin klasemen, memiliki poin 86. Pasukan Juergen Klopp menambah tiga poin pada pekan ke-31 ini, setelah menggasak Crystal Palace 4-0, Kamis (25/6) WIB.  

Dua gol kemenangan Chelsea yang ikut membantu memuluskan langkah juara Liverpool, dicetak oleh Christian Pulisic pada menit ke-36 dan penalti Willian Borges (78′).

Sedangkan satu gol balasan Man City dicetak oleh penyerang sayap Kevin De Bruyne pada menit ke-55.

Kegagalan Man City sebagai jara bertahan mengalahkan Chelsea, membuat mereka harus merelakan trofi Liga Inggris pindah ke tangan Liverpool.

Sedangkan bagi Chelsea, kemenangan atas Man City tidak mengubah posisi mereka di papan klasemen sementara.

The Blues, julukan Chelsea, tetap menempati peringkat empat atau batas akhir zona Liga Champions dengan raihan 54 poin.

Namun, Chelsea mampu merapatkan persaingan dengan tim di atasnya. Chelsea hanya tertinggal satu poin dari Leicester City di urutan ketiga.

Pada laga pekan ke-31 ini, Leicester City hanya mampu mencatat hasil imbang tanpa gol saat menjamu Brighton & Hove Albion di King Power Stadium, Selasa (23/6) lalu.

Chelsea juga mampu  memperlebar jarak dengan Manchester United (MU) yang berada di urutan kelima. Chelsea unggul lima poin dari Man United.

Meski gelar juara sudah dipastikan menjadi milik Liverpool, persaingan untuk finis empat besar demi jatah tampil di Liga Champions tahun depan membuat Liga Inggris masih seru. Liverpool harus menunggu 30 tahun untuk bisa kembali mengangkat trofi juara Liga Inggris. (*)