Selasa, April 13, 2021

Komisi IV Dukung Pelatihan Kelautan bagi Masyarakat Pesisir

Populer

BANTAENG, Linisiar.id – Komisi IV DPR RI mendukung segala bentuk pelatihan potensi kelautan bagi masyarakat pesisir di Indonesia.

Sebab, kata Anggota Komisi IV DPR RI, Irwan Zulfikar, pelatihan menjadi bagian penting dari upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, sehingga memiliki kemampuan daya saing global.

“Teknologi semakin berkembang dan saat ini sistem kerja sudah berbasis aplikasi. SDM harus terampil dan bekerja cepat,” ujarnya saat jadi pembicara dalam pelatihan 100 pelaku usaha perikanan bidang budidaya rumput laut di Bantaeng, Kamis (21/2/2019).

Pelatihan tersebut dilaksanakan oleh Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Bitung Kementerian Kelautan dan Perikanan atas inisiasi Irwan Zulfikar.

Irwan menjelaskan, pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan masyarakat yang berada di Kabupaten Takalar, Jeneponto dan Bantaeng. Karena sebagian besar wilyahnya berada di pesisir laut.

Pelatihan juga diharapkan dapat menjadi ruang pembelajaran yang efektif dan pemantik untuk meningkatkan produktifitas dan pengembangan kualitas SDM anak muda di Bantaeng dan dapat menjadi corong komunikasi masyarakat dengan anggota DPR RI.

“Kehadiran lembaga pelatihan diharapkan menjadi suntikan dan amunisi mendorong masyarakat lokal ke arah kompetitif tersebut,” katanya.

Ia melanjutkan, Komisi IV DPR RI sudah mengusulkan agar program prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan menyiapkan program yang bersentuhan langsung kebutuhan masyarakat.

Seperti pengadaan kapal, perbanyakan bantuan mesin katinting dan perahu tempel. Hal tersebut dirasa penting karena nelayan kita masih banyak berskala tradisional.

“Termasuk bantuan perahu 5 GT, kita sudah usulkan serta sekarang ada pembiayayaan usaha melalui BLU LPMUKP,” ujarnya.

- Advertisement -

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLAN

Berita Terbaru