Selasa, September 27, 2022

Komisi Etik Penelitian FK Unhas Gelar Workshop Review Proposal dan Persiapan Re-Cognisi

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Komisi Etik Penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (KEP-FK Unhas) menggelar workshop review proposal dan persiapan re-cognisi (Revisi SOP KEPK-FK Unhas, RS Unhas, dan RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo), di Hotel Aryaduta, Makassar (19-21/8/2022).

Ketua KEP FK Unhas Prof. Dr. dr.Suryani As’ad,Msc, Sp.G(K) yang membuka workshop ini, menyatakan KEP-FKUH senantiasa mengadakan upgrading di KEP-FK Unhas, RS Unhas, dan RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo. Seperti diketahui sebelumnya bahwa komisi etik penelitian Fakultas kedokteran subyek penelitiannya lebih ke human subyek kemudian berkembang ke animal subyek saat ini.

“Maka dari itu diadakan revisi yang berkaitan cara mereview proposal yang diadakan secara online maupun offline, yang memungkinkan reviewer memiliki ketajaman dan ketelitian konseptual dan perubahan pada beberapa alur cara kerja yang terstandarisasi atau yang dikenal sebagai Standar Operating Prosedure (SOP) yang berlaku secara nasional dan internasional,” ujar Prof Suryani.

Sekretaris KEP-FK Unhas yang juga Wakil Dekan I FK Unhas, dr. Agussalim Bukhari, M.Clin.Med, PhD, Sp.GK(K) dalam penyampaiannya menunjukkan beberapa dokumen yang harus diperhatikan dalam penyesuaian revisi SOP komite etik (KEP) Unhas dengan penyusunan SOP Komite pemeliharaan penggunaan hewan unhas, pengisian formulir FERCAP dan persiapan survey FERCAP di tahun 2022.

Dalam workshop ini turut andil melakukan revisi dari Prof.dr.Nasrum Massi,Ph.D (Ketua lembaga Penelitian dan Pengabdian/LPPM Unhas), dr.Uleng Bahrun, Sp.PK (K), Ph.D (Ketua Prodi Patologi Klinik FK unhas), Dr.dr.Irawaty Djaharuddin , Sp.P ( K) (Ketua program studi Pulmonologi dan Kedokteran respirasi FK Unhas) yang merupakan komisi etik RS.Unhas dan RSUP dr.Wahidin Sudirohusodo.

Workshop ini juga menghadirkan tim IT mengadakan simulasi aplikasi etik berupa simulasi cara mereview, dan resubmission.

Diketahui KEP-FK Unhas telah mendapat pengakuan Badan Akreditasi Forum for Ethical Review Committes in The asian & Western Pacific Region (FERCAP) lembaga survey badan akreditasi standar internasional yang menilai cara kerja, pedoman etik penelitian dan dokumen pendukung lainnya.

Workshop Mereview Proposal dan Persiapan Re-recognisi Komite Etik Penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin ini dihadiri oleh para reviewer dari kalangan komisi etik penelitian fakultas kedokteran diantaranya turut hadir Wakil Dekan III, Dr. dr. Andi Alfian Zainuddin, M.K.M dan Wakil Dekan IV, Dr. dr. Rina Masadah, Sp.PA.,M.Phil, DFM dan Tim KEPK Unismuh Makassar.

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

Berita Terbaru