Khawatir Tagihan Listrik Membengkak, Foto Meteran dan Kirim WA ke 08122123123

ilustrasi

JAKARTA, Linisiar.id – Belakangan ini marak keluhan warga karena merasa tagihan pembayaran listriknya tiba-tiba membengkak. Padahal, pemakaiannya sama dengan bulan-bulan sebelumnya.

Untuk mengantisipasi kemungkinan keluhan tagihan listrik membengkak, maka bagi Anda pelanggan listrik pascabayar atau yang bukan voucher, segera kirimkan foto meteran listrik di rumah Anda paling lambat Sabtu (27/6) mendatang.

Pasalnya, pemotretan meteran listrik ini akan menjadi basis penghitungan penggunaan listrik Anda selama sebulan ke belakang agar lebih akurat dan tidak terjadi pembengkakan.

Foto meteran listrik ini juga yang akan menjadi dasar pengenaan tagihan listrik bulan Juni 2020, yang harus di bayar pada bulan Juli 2020 mendatang.

Meskipun demikian, PT PLN memastikan seluruh petugas pencatat meteran akan melakukan pencatatan meteran listrik konsumen secara langsung ke rumah-rumah pelanggan pascabayar. 

Pelanggan listrik pascabayar PLN harus memotret meteran listrik di rumahnya agar tagihan akurat.

Pencatatan ini akan digunakan oleh PT PLN sebagai dasar perhitungan tagihan listrik untuk rekening  bulan Juli 2020 nanti.

Sebagai opsi, PT PLN juga telah menyediakan layanan Baca Meter Mandiri melalui aplikasi WhatsApp Messenger (WA) dengan nomor 08122123123, pelaporan mandiri pelanggan bisa dilakukan pada tanggal 24-27 setiap bulannya.

Mengutip kontan, jika lokasi rumah pelanggan tidak bisa didatangi oleh petugas dan pelanggan tidak mengirimkan laporan mandiri melalui WhatsApp, maka, sebagai alternatif PLN akan menggunakan rata-rata 3 bulan sebagai dasar perhitungan rekening listrik.

Implikasinya akan ada penyesuaian tagihan rekening listrik, ketika nantinya petugas PLN berhasil melakukan pencatatan meter ke rumah pelanggan itu. (*)