Kepala BNPT Silaturahmi Pimpinan Ponpes di Sinjai, Ingatkan Bahaya Radikalisme Masuk Dunia Maya

Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar pada silaturahmi pimpinan pondok pesantren di Sinjai, Senin (28/9/2020).

SINJAI, Linisiar.id – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Boy Rafli Amar bersilaturahmi dengan pimpinan pondok pesantren (ponpes) se-Sulawesi Selatan di Masjid Islamic Center Sinjai, Senin (28/9/20).

Dalam kesempatan itu, Boy Rafli mengajak semua pihak meningkatkan kewaspadaan mencegah penyebaran radikalisme dan terorisme.

Menurutnya, melalui silaturahmi ini, merupakan salah satu cara BNPT untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat setempat terhadap perkembangan paham radikal terorisme.

Sekaligus mengimbau partisipasi aktif masyarakat untuk mencegah tersebarnya paham tersebut.

“Kami mengajak semua agar kita meningkatkan kesiapsiagaan generasi kita, menyelamatkan generasi muda agar terhindar dari ideologi-ideologi berbahaya, yang dapat mengoyak keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut mantan Kadiv Humas Polri ini juga mengajak para hadirin memupuk semangat persatuan, saling menghormati, dan semangat toleransi.

Hal ini mengingat Indonesia sebagai negara yang kaya keberagaman, dapat terancam dengan radikal intoleran yang bahaya.

Boy Rafli mengingatkan, saat ini kelompok-kelompok radikal intoleran itu merasuki ruang dunia maya yang sedang digandrungi masyarakat.

“Propaganda mereka banyak di media sosial, jadi perlu bijak dalam menggunakannya. Kepada tokoh agama dan pimpinan pesantren, kita imbau agar kita dapat membentuk generasi yang berakhlak dan cinta tanah air,” ujarnya.

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Sinjai dan pesantren menjalin kerjasama yang baik dalam rangka menciptakan generasi penerus yang tidak hanya berbekal ilmu, tetapi juga memiliki akhlak yang baik.

“Kami melibatkan pesantren dalam melaksanakan program pemerintah yaitu melalui bantuan dana hibah sebesar Rp 50 juta ke setiap pesantren serta melahirkan tahfidz melalui pembinaan dari pesantren,” kata bupati.

Silaturahmi ini dihadiri Wakil Gubernur Sulsel A. Sudirman Sulaiman, perwakilan dari Kapolda dan Pangdam XIV Hasanuddin, Wakil Bupati Sinjai,  Hj. A. Kartini Ottong, Ketua DPRD Drs. Lukman H. Arsal dan para wakil ketua serta anggota DPRD Sinjai, unsur Forkopimda, serta undangan lainnya.

Turut mendampingi Komjen Boy Rafli Amar adalah Direktur Deradikalisasi BNPT, Prof. Irfan Idris, Kasubdit Bina Masyarakat Direktorat Deradikalisasi BNPT, Kolonel (Sus) Solihuddin Nasution, dan Kepala BNN Provinsi Sulsel, Brigjen Pol. Drs Idris Kadir. (*)