Kabar Gembira, Liga 1 2020 Dilanjutkan Oktober. Ini 8 Pertimbangan PSSI

JAKARTA, Linisiar.id – Kabar gembira datang dari kompetisi sepakbola Tanah Air. Pengurus PSSI memastikan, akan  melanjutkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 pada awal Oktober 2020 mendatang.

Dua kompetisi kasta tertinggi di Indonesia itu terhenti karena pandemi corona, sejak Maret 2020 lalu. Ketika itu, Liga 1 2020 baru memainkan tiga laga.

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan, menyampaikan  rencana itu di Menara Olahraga Senayan (MOS), FX Sudirman, Jakarta, Minggu (28/6/2020).

Keputusan melanjutkan dua komptisi kompetisi itu terangkum dalam Surat Keputusan (SK) dengan nomor SKEP/53/VI/2020 tertanggal 27 Juni 2020.

Selain Liga 1 dan Liga 2, Liga 3 2020 yang belum dimulai juga akan bergulir pada Oktober 2020. Namun, Mochamad Iriawan masih belum bisa memastikan tanggal pasti dimulainya kompetisi.

“Melalui surat keputusan ini, secara resmi kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3, akan dilanjutkan pada Oktober 2020,” katanya.

Ia melanjutkan, PSSI berharap kompetisi bergulir lagi awal Oktober. Sebab, setelah terbitnya surat dari PSSI ini, maka PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan mengadakan rapat internal untuk menyusun jadwal pertandingan

Dijelaskan, terdapat delapan alasan sehingga PSSI melanjutkan kompetisi meski masih pandemi virus corona.

Pertama, PSSI ingin menjadikan sepak bola sebagai alat yang digunakan Indonesia beradaptasi dalam situasi new normal atau normalitas baru.
“Sekarang Eropa dan Asia sudah memulai kembali kompetisi. Kalau tidak memulai juga, kita tidak tahu kapan kompetisi bisa kembali,” ujar Mochammad Iriawan.

Kedua, Indonesia pernah mendapat sanksi FIFA yang membuat kompetisi tidak berjalan. Sanksi FIFA itu berdampak buruk terhadap sepak bola Indonesia sehingga tidak ingin terulang lagi sekarang.

Ketiga hingga keenam adalah tentang timnas Indonesia berbagai umur. Intinya, PSSI tidak ingin timnas berbagai umur kewalahan ketika mengikuti turnamen internasional karena kompetisi di Indonesia berhenti.

Faktor ketujuh adalah PSSI harus melanjutkan kompetisi karena itu merupakan amanat kongres.

Kedelapan, PSSI memilih melanjutkan kompetisi karena tidak ingin dampak ekonomi yang sudah dialami berbagai kalangan di sepakbola terus berlanjut. (*)