Jusuf Kalla Resmi Tutup Asian Para Games 2018

JAKARTA, Linisiar.ID – Upacara Penutupan Asian Para Games 2018 berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada Sabtu (13/10/2018). Wakil Presiden Jusuf Kalla didaulat untuk menutup pesta olahraga difabel terbesar yang mengusung tema “We Are One Wonder” ini.

Setelah parade bendera-bendera kontingen negara pesrta dikibarkan, Jusuf Kalla yang hadir menggantikan Presiden Joko Widodo yang tengah melakukan tugas negara naik ke atas panggung.

Mengenakan setelan batik, orang nomor dua di Indonesia itu memberikan sambutan hangat kepada seluruh orang yang hadir di Upacara Penutupan Asian Para Games 2018 tersebut.

Jusuf Kalla mengucapkan selamat kepada atlet-atlet Asian Para Games 2018 asal China. Ucapan itu diberikan setelah negara tersebut keluar sebagai juara umum ajang multievent olahraga bagi atlet disabilitas terbesar di Asia itu.

“Selamat kepada kontingen China yang berhasil keluar sebagai juara umum, yang juga akan menjadi tuan rumah pada Asian Para Games berikutnya,” kata Kalla saat menyampaikan pidato pada upacara penutupan Asian Para Games 2018 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

China mengakhiri Asian Para Games dengan menempati posisi teratas dengan koleksi 172 emas, 88 perak, dan 59 perunggu.

Selain kepada atlet China, Kalla juga menyampaikan selamat pada seluruh atlet dari seluruh negara yang berlaga. Menurut Kalla, atlet-atlet yang berlaga di Asian Para Games telah mengajarkan pada masyarakat luas tentang semangat, determinasi, kerja keras, serta persaudaraan.

“Pada akhirnya, saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia. Kesuksesan ajang ini berkat dukungan dari seluruh rakyat Indonesia. Hal menunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang menghargai kesetaraan. Kita adalah satu dan kita bersatu untuk mencapai kebaikan bersama,” ucap Kalla.

Kalla juga mengapresiasi semangat juang para atlet yang bertanding di ajang empat tahunan tersebut. “Anda memang berkebutuhan khusus, tetapi Anda tidak kekurangan prestasi dan kejayaan,” ujar Jusuf Kalla.

“Anda semua adalah pemenang. Bukan hanya pemenang dalam kompetisi, tetapi juga kemanusiaan,” katanya menambahkan.

Asian Para Games 2018 bergulir sejak 6 Oktober 2018 hingga Sabtu, 13 Oktober 2018. Mempertandingakn 18 cabang olahraga, multievent difabel terbesar Asia ini diikuti oleh 2.888 atlet dari 43 negara peserta.

Adapun Asian Para Games selanjutnya dijadwalkan akan berlangsung di Guangzhou, China, pada 2022.