Jumlah Atlet di Asian Para Games 2018 Merupakan yang Terbesar

JAKARTA, Linisiar.ID – Presiden Asian Paralympic Committee Majid Rashed memuji persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Para Games 2018 pada 6-13 Oktober di Jakarta.

Pria yang merupakan eks petenis meja juga mengharapkan agar seluruh atlet bisa meraih prestasi yang baik serta menikmati pelaksanaan Asian Para Games.

“Selama lebih dari tujuh hari, sekitar 3.000 atlet dari 43 negara akan memperebutkan lebih dari 500 medali yang diperebutkan dalam 18 cabang,” ucap Rashed dalam upacara pembukaan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/10/2018).

Majid mengatakan jumlah atlet yang hadir pada Asian Para Games di Indonesia merupakan yang terbesar. Selain itu, partisipasi negara juga terbanyak kali ini. Media yang meliput ajang ini juga menjadi yang terbesar. “Saya bangga dengan hal ini.”

Dia mengatakan Asian Para Games menjadi sangat penting karena ajang ini penting untuk melanjutkan gerakan Paralimpiade di Asia.

Rashed juga mengharapkan agar performa para atlet di ajang ini bisa menjadi penyemangat para anak muda penyandang disabilitas di seluruh Asia.

“Kami ingin mereka percaya bahwa tak ada batasan dalam apa yang mereka bisa capai,” tutur Rashed.

Asian Para Games 2018 ini resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Sebelum resmi dibuka, digelar pertunjukan tari-tarian di panggung utama SUGBK. Dipertunjukkan pula para atlet dari berbagai negara yang akan ambil bagian di Asian Para Games 2018.

“Dengan megucapkan bismillah, Asian Para Games Resmi dibuka,” tambah Jokowi sambil menggunakan bahasa isyarat.