Jokowi Pakai Bahasa Isyarat Buka Asian Para Games 2018

Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, saat pembukaan Asia Para Games 2018. (dok Inapgoc)

JAKARTA, Linisiar.ID – Asian Para Games 2018 resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senayan Sabtu (6/10/2018).

Jokowi dalam sambutannya mengharapkan olahraga bergensi ini menjadi ajang untuk mempererat persaudaraan antara warga Asia, khususnya atlet disabilitas.

“Atas nama masyarakat Indonesia saya bangga menyambut tamu istimewa dari berbagai negara. Melalui Asian Para Games 2018 ini kita Rayakan persaudaraan,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Presiden ketujuh Indonesia juga menginginkan Asian Para Games 2018 sebagai perayaan bagi kemanusiaan. “Kita tunjukkan kegigihan dan prestasi. Kita ingin menjunjung kemanusiaan,” ucap pria 57 tahun tersebut.

Sebelum resmi dibuka, digelar pertunjukan tari-tarian di panggung utama SUGBK. Dipertunjukkan pula para atlet dari berbagai negara yang akan ambil bagian di Asian Para Games 2018.

“Dengan megucapkan bismillah, Asian Para Games Resmi dibuka,” tambah Jokowi sambil menggunakan bahasa isyarat.

Sementara itu, Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari dalam sambutannya juga berharap agar Asian Para Games berlangsung sukses seperti Asian Games.

“Kemarin kita masih merasakan kebahagiaan dari sukses Asian Games yang untuk kedua kalinya diadakan di Indonesia. Semua terasa membanggakan, Mulai dari pembukaa sampai penutupan termasuk capaian prestasi olahraga,” ujar Okto.

“Tapi Hari ini, 6 Oktober 2018 kita semua akan menjadi saksi sejarah baru, Indonesia untuk pertama kalinya akan menjadi tuan rumah dari Asian Para Games. Inilah kegiatan olahraga disabilitas yang paling bergengsi di Asia,” ucapnya.

Asian Para Games 2018 sendiri berlangsung pada 6-13 Oktober 2018. Ada 18 cabang olah raga yang dipertandingkan dan diikuti oleh 43 negara, 2.832 atlet, dan lebih dari 1.900 ofisial.