Iqbal Letakan Batu Pertama Program Bedah Rumah Dinas Perumahan Makassar

MAKASSAR, Linisiar.id – Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Makassar, untuk kali kedua melakukan bedah rumah, tepatnya di Jl.Pelita Raya Tengah 1, Kelurahan Ballaparang, Kec.Rappocini, Makassar.

Kepala Kadis DPKP, Suhartini mengatakan bedah rumah kali ini bekerjasama dengan beberapa dinas terkait untuk membantu warga dalam hal memberikan rumah yang layak huni, bebas dari kesan kumuh, sehingga anggaran kali menggunakan dana CSR.

“Jadi, kita bermitra dan bekerjasama dengan beberapa pengembang, seperti Ikatan Arsitek Indonesia, PT WIKA, bagian CSR nya memberikan kita bantuan dalam hal bedah rumah,” kata Suhartini saat ditemui, Rabu (10/7/2019).

“Bedah rumah kali ini sudah yang kedua. Pertama, di lokasi Maccini Sombala kecamatan Tamalate, hari ini di kelurahan Ballaparang kecamatan Rappocini,” sambungnya.

Lebih detail Suhartini menjelaskan butuh proses yang cukup panjang bagi rumah warga yang ingin rumahnya dibedah. Untuk proses awalnya pihak kelurahan hendaknya mengajukan ke Dinas Perumahan untuk mengajukan rumah warga yang tidak layak huni.

“Kemudian kita survey, rembukkan dengan warga di RT RW, kelurahan, maka jatuhlah kepada ibu Jumiati yang kali ini dibedah rumahnya,” jelasnya

“Ibu Jumiati ini janda tujuh anak, tidak memiliki penghasilan, tidak memiliki listrik dan air, itu minta sama tetangga saja kasian. Kemudian numpang. Anak-anaknya juga itu satu rumah juga. Jadi, sangat tidak layak memang rumahnya,” sambung Suhartini.

Selain itu, Suhartini menyebut untuk biaya pengerjaan memakan dana dikisaran 70 juta, termasuk pengadaan bahan-bahan semisal cat hingga atap.

Tak hanya itu, bedah rumah yang dilakukan oleh pihaknya turut didukung oleh PJ Walikota Makassar, Muh.Iqbal Samad Suhaeb, yang turut hadir dalam kesempatan tersebut, didampingi oleh Camat Rappocini, Sulyadi P.Putra SG, serta Lurah Ballaparang, Ridwan Kanro.

“Pak Wali sangat mendukung. Saya malah senang sekali kalau sama warga. Berbinar2 senyumnya kalau saya lihat. Saya senang Pak Lurah aktif sekali. RT RW nya di sini ibu-ibu, tapi lincahnya luar biasa. Alhamdulillah warga di sini juga sangat mendukung,” tandasnya. (*)