Gugus Tugas Covid-19: Dokter dan Perawat yang Gugur Dapat Santunan dari Donasi. Berapa Besarnya?

JAKARTA, Linisiar.id – Pemerintah memberikan apresiasi kepada dokter dan tenaga medis lainnya yang selama ini menjadi garda terdepan penanganan virus corona.

Apresiasi itu antara lain, donasi yang diterima Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dialokasikan untuk dokter dan tenaga medis lainnya.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, donasi untuk penanganan Covid-19 yang diterima Gugus Tugas tidak hanya dari pemerintah, tetapi juga dari masyarakat dan swasta.

Doni mencontohkan, salah satu aplikasi digital berbasis online menggelontorkan dana sumbangan yang cukup besar untuk penanganan Covid-19.

“Bantuan yang diterima Gugus Tugas itu bukan hanya dari pemerintah, tetapi juga dari swasta luar biasa, bahkan Tiktok alokasikan dana Rp 100 miliar untuk kepentingan kegiatan penanganan Covid-19 ini,” kata Doni dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi VIII di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Mengutip kompas, Doni menjelaskan, sebagian dana donasi itu dialokasikan untuk santunan dokter dan perawat yang gugur baik langsung atau tidak langsung dalam menangani Covid-19.

“Setiap dokter yang wafat baik karena langsung atau tidak langsung tangani Covid-19, itu dapat (santunan) 250 juta, untuk perawat 150 juta, untuk pekerja lainnya seperti pengemudi ambulans dan lain-lainnya 100 juta,” ujarnya.

Selain itu, menurut Doni, bantuan juga disalurkan dari relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk masyarakat pendatang yang ada di Pulau Jawa.

“Belum lagi bantuan-bantuan yang disalurkan dari relawan untuk masyarakat kita di Pulau Jawa ini yang pendatang, sebagian besar dari timur dan mereka tidak punya KTP di sini, sehingga mereka enggak dapat bantuan, ini enggak luput dari kami,” ucapnya.

Doni pun mengucapkan terima kasih atas dukungan bantuan yang diberikan kepada Gugus Tugas dalam penanganan Covid-19. “Terima kasih banyak atas seluruh dukungan yang diberikan kepada BNPB yang hari ini mendapat tugas sebagai Gugus Tugas,” pungkasnya. (*)