Sabtu, November 26, 2022

FK Unhas Undang Dosen Jepang Bahas Teknologi Pencitraan Jantung dan Rehabilitasi Medik

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin mengundang Oshima Satoru, MD, Ph.D, Kardiologis dari Nagoya Kyoritsu Hospital, Jepang, sebagai pembicara dalam Guest Lecture, membahas teknologi pencitraan jantung dan rehabilitasi medik, di Auditorium Prof Amiruddin, 17-18 Oktober pekan lalu.

Kuliah umum ini dihadiri mahasiswa PPDS Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular, PPDS Departemen Radiologi dan PPDS Departemen Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi FK-UNHAS dan mahasiswa S1 FK Unhas.

dr.Oshima Satoru membawakan materi pertama mengenai perkembangan Cardiac Imaging dan pengaplikasian klinis di RS Kyoritsu Nagoya, Jepang. Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua oleh Dr.dr. Rusli Muljadi, Sp.Rad(K) mengenai Cardiac CT in CAD. Lalu diakhiri sesi diskusi antara pemateri dan peserta yang dimediasi oleh moderator.

Menurut dr Oshima, materi yang ia bawakan diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa program studi pendidikan dokter maupun mahasiswa program studi pendidikan dokter spesialis terkait terhadap perkembangan teknologi pencitraan jantung dan Rehabilitasi Medik di Jepang serta pengaplikasian klinisnya.

“Diharapkan tujuan dari kegiatan ini dapat dicapai dan memberi manfaat kepada civitas akamedika FK,” ujar dr Oshima.

Pada hari kedua, dengan tema “How Cardiopulmonary Rehabilitation Can Help Your Heart?”. Materi pertama dibawakan oleh Mr.Moriyama Yoshifumi mengenai program dan manfaat rehabilitasi medik pada pasien jantung yang dirawat di RS Kyoritsu Nagoya, Jepang.

Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua oleh dr. Melda Warliani,Sp.KFR (K) mengenai program dan manfaat rehabilitasi kardiopulmonal pada pasien jantung yang dirawat di RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar. Setelah itu, diakhiri sesi diskusi antara pemateri dan peserta yang dimediasi oleh moderator.

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

Berita Terbaru