Dinas Perumahan Makassar Bangun Sarana Permukiman bagi MBR

MAKASSAR, Linisiar.id – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Perumahan melakukan pembangunan sarana perumahan dan pemukiman masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Kepala Dinas Perumahan Dinas Perumahan Kota Makassar, Hamka mengatakan, pembangunan untuk kawasan perumahan subsidi saat ini sudah ada di ukhwu sakinah yang berlokasi di Biringkanaya.

Pembangunan kawasan perumahan tersebut sudah didirikan 50 unit dan akan ditargetkan untuk 100 unit khusus tahun 2019, Selasa (19/3/2019).

Hamka menjelaskan, luas lahan di Kota Makassar diakui semakin sempit, hal ini pula yang menjadi kendala Pemerintah Kota Makassar untuk membuka kawasan permukiman baru.

“Pembangunan perumahan subsidi di Kota Makassar sudah ada, di perumahan Ukhuwa Sakinah Biringkanaya. Namun, untuk membuka kawasan yang baru agak sulit karena yang menjadi kendala adalah harga semakin tinggi karena semakin sempit lahan,” jelasnya.

Hal ini yang menjadi pertimbangan Pemerintah Kota Makassar untuk membuka kawasan baru. Meskipun, banyak masyarakat yang incar pengembangan kawasan baru, utamanya untuk rumah subsidi.

“Selain Biringkanaya, ada juga di Manggala yang sementara ini melakukan kelengkapan berkas. Jadi kita akan lihat masuk kategori atau tidak, kalau masuk tentu kita akan lanjutkan,” tambahnya.

Selain membantu pemerintah dalam membuka kawasan yang dinilai semakin mahal, program ini juga diharapkan bisa membantu masyarakat yang sesuai dengan kebutuhannya.

“Mudah-mudahan program ini bisa memudahkan masyarakat yang memang diperuntukkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah,” tutupnya. (*)