Minggu, September 25, 2022

Departemen IKM-IKK FK Unhas Edukasi Literasi Gizi di SMAN 21 Makassar  

Populer

MAKASSAR, Linisiar.id – Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kedokteran Keluarga (IKM – IKK) Fakultas Kedokteran Unhas melaksanakan kegiatan Pengabdian masyarakat di SMA Negeri 21 Makassar, Rabu (24/08/2022) bertema “Literasi gizi dalam rangka mencegah obesitas dan penyakit metabolik”.

Kegiatan ini dibuka Kepala UPT SMAN 21 Makassar, Andi Ernawati, S.Pd., M.Pd., Ph.D., dalam sambutannya ia sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak IKM & IKK FK Unhas yang telah menurunkan tim Pengabdian Masyarakat ke SMAN 21 Makassar sehingga dapat memberi edukasi juga screening kesehatan gizi terhadap siswa.

“Dengan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh departemen IKM & IKK FK-Unhas kami berharap siswa-siswa SMAN 21 Makassar mendapatkan edukasi yang baik dalam memilih dan mengkonsumsi makanan yg sehat sehingga dapat menunjang masa depan mereka untuk tetap sehat dan berprestasi,” ujar Andi Ernawati S.Pd., M.Pd., Ph.D

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa pengukuran status gizi (Berat Badan, Tinggi Badan, Lingkar Perut), pengukuran Tekanan Darah dan kadar Gula Darah Sewaktu pada sekitar 400 siswa kelas X (Sepuluh). Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, kegiatan dilakukan secara paralel di 12 kelas.

Kemudian dilanjutkan dengan Penyuluhan tentang gizi dengan dua topik yaitu “Nutrisi dan status gizi” dan ” Nutrisi & Penyakit” Kedua topik penyuluhan tersebut disampaikan pada masing-masing kelas X  yang terdiri dari sekitar 30-40 siswa perkelas.

Pelaksanaan penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan dilakukan dan didampingi oleh Ketua Tim Dr. dr. Suryani Tawali, MPH, Anggota tim: dr. Agussalim Bukhari, M.Clin, Med, Ph.D, Sp.GK (K), Dr. dr Andi Alfian Zainuddin, M.KM, Prof. Dr. Ir. Meta Mahendradatta, Dr. dr. Sri Ramadhany, M.Kes, dr. Ari Andini Junaedi, M.Kes, dr.Nurul Qalby, M.Kes. Ph.D, dr.Ainan Reina Nas, M.Kes, dr. Muhammad Riskiawan, Ph.D, Zakiah, SKM, M.Kes dan sekitar 50 mahasiswa Kepaniteraan Klinik yang sedang melaksanakan Stase Klinik di Departemen IKM & IKK.

“Kegiatan ini dilakukan mengingat adanya kecenderungan meningkatnya kasus hipertensi, obesitas, penyakit diabetes mellitus dan berbagai penyakit metabolik lainnya yang mulai terjadi pada usia cenderung lebih muda dibanding beberapa dekade sebelumnya. Sehingga dengan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diharapkan terlaksananya screening awal bagi siswa-siswa untuk semakin menjaga pola hidup sejak dini,” ungkap Dr. dr. Suryani Tawali, MPH

Kecenderungan ini merupakan dampak dari semakin banyaknya makanan siap saji dengan kandung gula, lemak dan garam yang tinggi dan miskin mikronutrient. Hal ini semakin didukung oleh kemudahan dengan adanya aplikasi pembelanjaan online ditambah lagi dengan berkurangnya aktivitas fisik yang membuat resiko untuk menderita penyakit tersebut semakin meningkat.

“Diharapkan dengan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang disponsori Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unhas melalui program hibah internal, para siswa dapat mengetahui dan memilih mengkonsumsi makanan yang sehat dan menjalankan pola hidup sehat agar mereka dapat menjadi penerus bangsa yang sehat, berkualitas dan berprestasi.” Jelas Dr Suryani.

Ketua Tim Pengabdian bersama dengan Kepala UPT SMAN 21 sepakat bahwa kegiatan seperti ini sebaiknya dapat dilaksanakan kedepannya dengan melibatkan lebih banyak sekolah di kota Makassar agar impak kegiatan ini lebih dapat dirasakan oleh masyarakat. Pada kegiatan ini diserahkan pula alat pengukur timbangan badan digital, alat pengukur tinggi, serta pengukur tekanan darah yang diterima langsung oleh Kepala UPT SMAN 21 Makassar.

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

Berita Terbaru