Bahas Ranperda Pendidikan, Sekretariat DPRD Makassar Gelar FGD

MAKASSAR, Linisiar.ID – Sekretariat DPRD Kota Makassar menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Penyelenggaraan Pendidikan Berkualitas” di Hotel Denpasar, Jl Boulevard Makassar, Kamis (4/10/2018).

Diskusi Publik ini menghadirkan tiga orang narasumber diantaranya Ketua Pansus Perda Pendidikan Hamzah Hamid, Plt Kadis Pendidikan Hasbi, dan Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar Prof Muhammad Basri. Kemudian dipandu langsung moderator Arini Nur Anisa.

Diskusi yang diikuti oleh peserta didominasi anak muda Kota Makassar ini banyak membahas tentang sistem pendidikan zonasi.

“Sistem penerimaan zonasi ini memang ada positifnya, ada juga negatif. Tapi ini pada dasarnya sangat baik bagi perkembangan kualitas pendidikan Kota Makassar,” ungkap Hamzah Hamid.

Salah satu dampak negatifnya adalah ada satu kecamatan yang memiliki jumlah anak didik yang sedikit. Dikarenakan lokasi sekolah tersebut yang jauh dari pemukiman warga.

“Yang medugikan misalnya kalau tinggal di daerah yang dekat dengan tempatnya, di sisi lain ada beberapa daerah atau kecamatan yang memiliki banyak sekali sekolah,” tuturnya.

“Lihat saja di Kecamatan Makassar, SD Dan sekolah SMP itu tidak ada, ini yang paling parah, jadi akan menjadi masalah bagi calon peserta didik baru,” sambungnya.