Zulkifli jadi Juri Lomba KIP, Sarankan Pemerintah Desa Manfaatkan Media Sosial

LUWU, Linisiar.id – Lomba Keterbukaan Informasi Publik (KIP) pada pemerintah desa (pemdes) di tingkat Kecamatan Larompong dan Larompong Selatan, berlangsung Sabtu (07/11/2020) di Kantor Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu.

Lomba yang dimulai pada pukul 09.30 hingga 16.00 Wita ini diikuti oleh 21 desa. Rinciannya, 12 desa dari Kecamatan Larompong dan 9 desa dari Kecamatan Larompong Selatan.

Wakil Ketua II DPRD Luwu Zulkifli, ST, M.Si menjadi salah seorang juri bersama Kasi Datun Kajari Luwu, Kadis Kominfo Luwu Rudi Dappi, Kepala Bappeda Luwu Muh Rudi, dan Ashar Sabry.

Zulkifli, ST, M.Si merasa sangat bangga bisa ikut menjadi bagian dari juri pada lomba yang baru pertama kalinya di laksanakan di Kabupaten Luwu, yang diinisiasi oleh Kajari Luwu, Erny Veronica Maramba.

Zulkifli berharap, dengan adanya perlombaan KIP antar desa ini, maka pemerintah desa memiliki keterbukaan informasi kepada publik.

Hal ini karena tuntutan Undang-Undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Apalagi pada era generasi milenial seperti sekarang, masyarakat yang mampu menggunakan elektronik, menginginkan keterbukaan informasi dan transparansi pengelolaan anggaran maupun sistem pemerintahan.

Selain itu, rakyat secara umum juga menginginkan hubungan masyarakat dan pemerintah yang interaktif dan responsif.

Mereka ingin pemerintah cepat merespon keluhan dan aspirasi masyarakat.

Untuk itu, dengan dimulainya keterbukaan informasi struktur pemerintahan dari bawah melalui desa, akan mengembalikan kepercayaan publik dan membangun legitimasi di mata masyarakat.

Lanjut Zulkifli yang juga Ketua Pemuda Muhammadiyah Luwu, dengan menggunakan teknologi informasi dan media sosial, pemerintah menyediakan informasi yang aktual mengenai kebijakan yang akan dan sudah dibuat secara cepat dan tepat.

Dengan sistem elektronik, masyarakat dapat mengakses dokumen dan semua hal yang sifatnya untuk kepentingan umum bisa dilihat secara transparan.

Lomba berikutnya berlangsung Minggu (8/11/2020) di Kecamatan Suli. Pesertanya dari desa se-Kecamatan Suli dan Kecamatan Suli Barat. (*)