Warga Keluhkan Bantuan UMKM, RTQ Janji Kawal Dana CSR

MAKASSAR, Linisiar.id – Anggota DPRD Kota Makassar, Rachmat Taqwa Quraisy (RTQ) menggelar reses I masa persidangan I tahun anggaran 2020-2021 di Kelurahan Pattinngalloang Kecamatan Ujung Tanah, Kamis (1/10/2020).

Kesempatan ini, RTQ menggandeng Imam Fauzan selaku legislator DPRD Pemprov Sulsel untuk mengawal aspirasi warga. Utamanya di Daerah Pemilihan (Dapil) II meliputi Ujung Tanah, Bontoala, Tallo, Wajo dan Sangkarrang.

“Insya allah kita akan kawal aspirasi warga. Bersama pak Imam, itu akan mudah untuk mewujudkan,” kata RTQ.

Aspirasi warga, RTQ menjelaskan, ada beberapa yang disampaikan. Diantaranya, keluhan mengenai persoalan bantuan terhadap pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dan pengelolaan anggaran dana kelurahan.

“Untuk bantuan sebesar Rp2,4 juta itu dari pemerintah pusat. Tapi, di Kota Makassar kita akan usahakan kembalikan kesejahteraan pelaku UKM,” paparnya.

Kata RTQ, setiap perusahaan memiliki dana CSR. Itu, akan dikumpulkan pemkot Makassar kemudian dibagikan ke UKM. Pasalnya, ada regulasi mengenai CSR tidak boleh lagi langsung ke masyarakat tapi melaui pemerintah.

“Jadi harus disedot Pemkot lalu diolah kemudian diberikan ke warga. Mudah-mudahan di 2021 bisa terakomodir,” ucapnya.

Sementara untuk dana kelurahan, kata RTQ, pihaknya meminta masyarakat ikut mengawal pengelolaan dana kelurahan. Sebab, anggaran ini untuk masyarakat itu sendiri.

“Jadi, harus ada koordinasi dengan RT/RW sebab mereka tahu kondisi didaerah dan masyarakatnya.

Terpisah, Warga Kelurahan Pattingalloang, Rusdi meminta pemerintah bisa membantu mengenai pemberian bantuan kepada pelaku UKM. Menurut dia, bantuan tersebut sangat penting apalagi ditengah pandemi covid-19 yang menyebabkan semua orang terdampak.

“Kita harap pak dewan dan pak camat bantu kami mengenai bantuan untuk UKM. Tak sedikit di Ujung Tanah pelaku UKM yang terdampak,” papar Rusdi.