Kamis, Desember 2, 2021

Tingkatkan Keterampilan, Pekerja Konstruksi di Luwu Utara Diberi Pembekalan dan Uji Sertifikasi

Populer

MASAMBA, Linisiar.id – Bupati Kabupaten Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menghadiri kegiatan Pembekalan dan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar, Selasa (26/10/2021), di Gedung Pemuda, Masamba, Luwu Utara.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar ini dibuka secara langsung oleh Anggota Komisi V DPR-RI, Muhammad Fauzi.

Bupati Indah Putri Indriani mengatakan, saat ini seorang tenaga kerja dituntut memiliki keterampilan sertifikasi agar mampu bersaing dengan tenaga kerja asing.

“Saya menaruh harapan kiranya melalui pembekalan ini dapat melahirkan tenaga-tenaga terampil, khususnya tenaga kerja tukang agar memiliki kualitas dan kemampuan bersertifikasi untuk mempermudah mendapatkan pekerjaan,” kata Indah.

Ia berharap Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar sebagai pelaksana kegiatan ini agar terus mendukung pembinaan konstruksi di Kabupaten Luwu Utara sebagai tombak pembangunan untuk pengembangan jasa konstruksi di daerah.

“Komitmen kita bersama untuk memastikan secara bertahap seluruh tenaga kerja konstruksi mengikuti kegiatan dan mendapatkan sertifikat, sehingga kualitasnya dapat dipertanggungjawabkan,” terang Indah berharap agar kegiatan ini dapat terus berlanjut.

Masih Indah, kedatangan Anggota DPR-RI dan Direktur Kompetisi dan Produktivitas Konstruksi di Luwu Utara, di tengah berbagai keterbatasan yang ada, adalah bagian dari perhatian pemerintah pusat terhadap pemulihan kondisi di Luwu Utara pasca-banjir bandang setahun yang lalu.

“Kita terus berupaya melakukan pemulihan pascabencana meski dengan berbagai keterbatasan. Untuk itu, bantuan pemerintah provinsi dan pusat sangat kami harapkan dengan kedatangan Anggota DPR-RI dan Direktur Kompetisi dan Produktivitas Konstruksi,” imbuhnya.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR-RI, Muhammad Fauzi, mengatakan bahwa dengan adanya pelatihan tersebut dapat membentuk skill pertukangannya menjadi lebih mumpuni dan lebih teratur serta kompetensinya bisa menjadi sempurna.

“Ini adalah proses bagi teman-teman pertukangan karena mungkin teman-teman ini skillnya terbentuk berawal dari proses alami, karena saya yakin yang hadir di sini sudah tahu tentang pertukangan,” kata Fauzi.

Nah, dengan pelatihan ini, Fauzi berharap keterampilan pertukangan bagi peserta bisa lebih rapi dan lebih tertata lagi.

“Seandainya tidak dilengkapi dengan pelatihan yang akan kita lakukan ahri ini, khawatirnya kompetensi bapak belum sempurna,” terangnya.

Apa-apa saja yang akan diajarkan kepada peserta melalui pelatihan ini? Fauzi menyebutkan, peserta akan diberi pelatihan yang sifatnya menunjang kompetensi mereka, seperti bagaimana memahami manajemen waktu, skill, serta pemahaman terkait bahan baku.

“Di samping itu, melatih skill kita dalam mengerjakan sesuatu. Jangan sampai kita mengerjakan sesuatu yang kita anggap benar, tapi ternyata salah. Di sinilah kita akan diberikan pemahaman, terkait pekerjaan yang akan kita lakukan nanti,” jelasnya.

“Semoga hasilnya bisa lebih baik lagi daripada sebelum kita mengikuti kegiatan ini,” harap Fauzi lagi.

Sebelumnya, Balai Jasa konstruksi Wilayah VI Makassar, Afandi Andi Basri, mengingatkan bahwa semua tenaga kerja konstruksi wajib memiliki sertifikat untuk keamanan bekerja.

“Inilah alasan kenapa kami menyelenggarakan pelatihan ini di Luwu Utara,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Dedy Narrifahrizal Dedisky Nazaroeddin, menjelaskan bahwa misi Pemerintah Indonesia saat ini adalah melanjutkan pembangunan infrastruktur nasional, membangun SDM, memberikan kemudahan berinvestasi, dan penggunaan dana pemerintah yang tepat sasaran.

“Kami sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan Pembekalan dan Uji Sertifikasi ini secara tatap muka yang juga diselenggarakan dengan mengimplementasikan protokol kesehatan yang ada,” ujar Dedy Narrifahrizal Dedisky Nazaroeddin.

Selain Anggota DPR-RI Muhammad Fauzi, dan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, kegiatan ini juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Luwu Utara, Drs. Basir, serta beberapa pejabat terkait lingkup Pemda Lutra.

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru