Rabu, Desember 1, 2021

Tim Verlap KRIPP Sulsel Sebut Hypnogreen Lebih Komprehensif

Populer

LUWU UTARA, Linisiar.id – Tim Verifikasi Lapangan (Verlap) Kompetisi Replikasi Inovasi Pelayanan Publik (KRIPP) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan menyebut inovasi Hypnogreen sebagai sebuah inovasi yang lebih komprehensif dan terpadu.

Hal itu dibuktikan setelah Tim Verlap melihat langsung sistem kerja inovasi pengembangan ANC Hipnoterapi ini, Kamis (21/10/2021), di lokus kegiatan Hypnogreen di halaman Kantor Bupati Luwu Utara.

Ketua Tim Verlap KRIPP, Ahmar Djalil dari Kompak Sulsel, bahkan terkesima dan takjub ketika inovator Hypnogreen, Juinar, beserta sejumlah ibu hamil, keluarga ibu hamil dan bidan yang menangani ibu hamil, melakukan praktek Hypnogreen di hadapan para Tim Verlap.

Menurut Ahmar, salah satu kebaruan Hypnogreen yang membedakan dari ANC Hipnoterapi adalah cara kerja hypnogreen yang lebih komprehensif dan terpadu.

“Kalau ANC Hipnoterapi fokus pada ibu hamil, maka Hypnogreen ini berkembang menjadi lebih komprehensif dan lebih terpadu karena ibu hamil yang mau melahirkan mendapat dukungan dari keluarga dan bidan yang menanganinya, sehingga ibu hamil semakin nyaman, tenang, dan tidak stress saat persalinan,” jelas Ahmar.

“Inilah yang disebut bagian dari pengembangan ANC Hinoterapi, seperti apa peran ibu hamil, keluarga, dan bidan,” imbuhnya.

Meski begitu, ia menyarankan ada sentuhan baru lainnya seperti memasukkan unsur kearifan lokal ke dalam inovasi Hypnogreen.

Ia mencontohkan, selain swasugesti sebagai unsur kebaruan inovasi ini, penggunaan relaksasi spiritual dengan melibat penceramah, juga sangat penting.

“Jadi, kearifan lokalnya ditambah dengan sentuhan spiritual, sehingga akan menenangkan ibu hamil, keluarganya dan bidan yang menanganinya,” saran dia.

Saran ini kemudian direspon baik inovator Hypnogreen, Juinar. Ia berjanji akan memasukkan sentuhan-sentuhan spiritual di dalam kelas Hypnogreen, sekaligus sebagai pengembangan dari inovasi ini agar tetap terjaga.

Sementara itu, Sekda Lutra, Armiadi, yang ikut mendampingi Tim Verlap tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih karena bersedia datang ke Lutra untuk menilai Hypnogreen sebagai bagian dari tahapan KRIPP.

“Kami berharap Tim Verlap dapat memberikan masukan, koreksi dan catatan-catatan lainnya untuk kemudian kami benahi dan perbaiki, sehingga inovasi ini betul-betul hadir memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat, utamanya para ibu hamil yang ingin melahirkan normal,” tandasnya.

Selain Ahmar Djalil (Ketua Kompak Sulsel), Tim Verlap lainnya yang turun menilai Hypnogreen adalah Dr. Lukman Samboteng (Dosen Lektor Poltek STIA LAN Makassar) dan Kasubag Pelayanan Publik Biro Organisasi Setda Provinsi Sulsel, Dra. Hj. Erlin.

Tampak pula hadir Ketua TP-PKK Ny. Rahmah Nursaid Suaib dan Ketua DWP Ny. Dalfiah Armiadi.

- Advertisement -spot_img

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

IKLANspot_img

Berita Terbaru