Siapkan Insentif Rp500 Ribu, Anir: Jangan Ada Lagi Ketua RT yang Mundur

PANGKEP, Linisiar.id – Paslon bupati dan wakil bupati Pangkep, Andi Nirawati-Lutfi Hanafi menyiapkan insentif bagi ketua RT, ketua RW dan kepala dusun. Insentif yang akan diberikan sebesar Rp500 ribu- Rp1 juta per bulan.

“Bagus ini, ada insentif ke ketua RT. Itu saya ketua RT-ku mengundurkan diri, karena capek kerja tapi tidak ada gajinya,” kata salah seorang warga Kelurahan Attasalo, Kecamatan Ma’rang, Sulaiman kepada Andi Nirawati, Kamis (1/10/2020).

Anir, sapaan Andi Nirawati menjelaskan, jika selama ini banyak menerima aspirasi terkait insentif bagi aparat desa.

Dirinya menegaskan, sudah memiliki program terkait insentif ke ketua RT, RW dan Kepala Dusun yang dipaketkan dalam Bidang Sosial Keagamaan dan Kemasyarakatan

“Jangan ki khawatir karena kalau duduk ka di Pangkep, maka ada pembagian insentif RT/RW/Kepala Dusun minimal sebesar Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Jadi mudah-mudahan tidak ada mi lagi yang mengundurkan diri. Juga, peningkatan insentif bagi guru mengaji, imam masjid dan pemandi jenazah antara Rp 1 juta-Rp 2 juta,” kata mantan Legislator DPRD Sulsel ini.

Selain itu, dalam program prioritas Bidang Sosial Keagamaan dan Kemasyarakatan lainnya, pihaknya akan memberikan beasiswa bagi hafiz Alquran, baik tingkat pelajar maupun mahasiswa.

Selain itu, pemberdayaan masjid dan tempat ibadah lainnya sebagai pusat pendidikan akhlak. Melanjutkan dan memperluas program PKH, dan penerima bansos bagi warga miskin.

Sementara itu, yang paling ditunggu-tunggu masyarakat lanjut politisi Gerindra ini, ialah umrah gratis bagi 50 orang per tahun untuk imam masjid, guru mengaji, pemandi jenazah, dan kaum dhuafa.

Bangun Irigasi

Di tempat terpisah, warga kampung Lambuto, Kelurahan Samalewa, Kecamatan Bungoro, mengeluh sulitnya mengairi lahan persawahan mereka. Hal itu disampaikan salah satu warga, Mandala kepada calon wakil bupati Pangkep, Lutfi Hanafi, Jumat (2/10/2020).

Bahkan Mandala merasa, daerahnya kurang mendapat perhatian pemerintah. Padahal, kata dia, bantuan pemerintah sangat dibutuhkan masyarakat untuk melakukan aktifitas pertanian.

“Di wilayah kami ini pak, rata-rata masyarakatnya petani. Untuk melancarkan pertanian kami, dibutuhkan air untuk mengairi sawah-sawah kami. Sedangkan kami kekurangan air setiap tahunnya, karena tidak adanya saluran irigasi. Sehingga kadang sawah kami tidak bisa ditanami,” ujar Mandala.

Makanya, Mandala berharap banyak kepada pasangan nomor urut 4, Andi Nirawati-Lutfi Hanafi, agar bisa diharapkan bisa membangun jaringan irigasi secara merata di seluruh areal pertanian.

“Kami berharap kelak ibu dan bapak menjadi bupati dan wakil bupati, agar kiranya bisa membantu kami terkait persoalan irigasi untuk mengaliri sawah kami. Kami juga berharap bapak bisa lebih peduli dan lebih memperhatikan kami, khusunya petani,” pungkas Mandala.

Lutfi mengungkapkan, pihaknya sudah merencanakan membangun infrastruktur pertanian. Salah satunya pembangunan irigasi persawahan.

“Kami akan melakukan pembangunan sistem irigasi. Dan pengelolaan serta penataan irigasi dengan baik,” ujar mantan Ketua HIPMI Pangkep ini.

Dalam programnya di bidang pertanian, Anir-Lutfi juga bakal memberikan bantuan sumur bor, untuk membantu petani padi dan jeruk pada musim kemarau. (*)